Pangdam XIV/Hasanuddin Dianugerahi Gelar `La Marakka Daeng Malinta`

Pangdam XIV/Hasanuddin Dianugerahi Gelar `La Marakka Daeng Malinta`

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 13:36
share

MAKASSAR Panglima Komando Daerah Militer ( Pangdam ) XIV/Hasanuddin,Mayjen TNI Totok Imam Santoso dianugerahi gelar adat dari Kerajaan Bone dengan julukan La Marakka Daeng Malinta". Gelar adat La Marakka Daeng Malinta diberikan kepada Pangdam setelah melewati rangkaian penilaian.

Prosesi penganugerahan gerlar adat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Bone, Andi Fashar Mahdin Padjalangi. Dia menjelaskan, gelar La Marakka Daeng Malinta bukan sekedar pemberian gelar belaka, melainkan telah melalui hasil penilaian dan pengamatan dari Kerajaan Bone bersama dengan para pemangku adat.

"Julukan tersebut artinya sosok pemimpin yang cekatan, lincah gesit dan tangkas mengambil suatu tindakan pemulihan keamanan dan ketentraman di wilayah yang diamanahkan oleh Negara Republik Indonesia," kata Andi Fashar di sela prosesi adat di Museum Arung Palakka, Watampone, Kabupaten Bone, Kamis (28/12/2022).

"Penganugerahan Gelar Adat Bone ini merupakan suatu kehormatan bagi kami. Apalagi diketahui pemberian gelar adat Bone merupakan warisan kebudayaan yang memiliki nilai penting dan saat ini sudah mengalami perkembangan dari generasi ke generasi dalam alur suatu tradisi," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Jenderal bintang dua ini mengajak masyarakat Bone untuk menjaga dan melestarikan cagar budaya yang merupakan warisan pendahulu.

(don)

Topik Menarik