Keren, Perempuan Berprestasi di Blora Raih Gelar Doktor di UNY

Keren, Perempuan Berprestasi di Blora Raih Gelar Doktor di UNY

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 11:21
share

BLORA, iNews.id - Seorang perempuan muda di Kabupaten Blora berhasil meraih gelar Doktor di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan IPK 3,81. Desertasi yang disampaikan berjudul Developing A Genre-Based English Instructional Model for Students of Islamic Education Department.

Perempuan itu bernama Ulva Fatiya Rosyida (37) yang lahir di Blora, 10 Februari 1985. Ia menempuh pendidikan S3 dengan beasiswa MORA (Ministry of Religious Affairs) atau Kementerian Agama RI melalui Program 5.000 Doktor.

Ia kesehariannya adalah dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Muhammad Cepu, Kabupaten Blora. Ulva, sapaan akrabnya, adalah seorang perempuan berbakat yang memiliki segudang prestasi.

Ia mengambil S1 Sastra Inggris Undip Semarang 2003-2007, Pasca Sarjana (S2) Magister Linguistics Bahasa Inggris Undip Semarang 2008-2010 dan sekarang S3 Program Doktor Ilmu Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Ia merasa haru usai prosesi sidang terbuka Promosi Doktor di UNY, dan langsung mendapatkan ucapan selamat dari sejumlah pihak.

Sungguh mengejutkan sekaligus mengharukan, saya mendapatkan banyak apresiasi, kata Ulva Fatiya Rosyida, Jumat (30/12/2022).

Apresiasi antara lain dari Bupati Blora Arief Rohman, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, dan sahabat-sahabat Fatayat NU Blora.

Ini semua berkat dorongan dari semua pihak, terutama keluarga saya, ucapnya.

Ke depan, Ulva akan terus belajar untuk pengembangan pendidikan dan profesional, termasuk mempromosikan hasil disertasi.

Kolaborasi antarperguruan tinggi baik nasional maupun internasional, publikasi di jurnal internasional, serta bersinergi dengan pemerintah khususnya Pemkab Blora, ucapnya.

Selain prestasinya di bidang pendidikan akademik, di luar ia juga aktif di sejumlah organisasi. Ulva Fatiya Rosyida merupakan Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Blora, Fasilitator Provinsi Jawa Tengah program PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Madrasah Reform Kemenag.

Dia juga merupakan peraih Gender Champion Kabupaten Blora 2021, peraih penelitian dosen tingkat Nnasional tahun 2022 yang dibiayai Diktis Kemenag RI, dan dosen pendamping program 1 OPD 1 Desa Dampingan Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TKP2K Kabupaten Blora.

Dia mengucapkan banyak terima kasih kepada sejumlah promotor dan tim penguji yang telah membimbingnya.

Topik Menarik