4 Tokoh Legendaris yang Terkenal pada Zamannya, Namun Tewas dengan Tragis

4 Tokoh Legendaris yang Terkenal pada Zamannya, Namun Tewas dengan Tragis

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 05:06
share

JAKARTA - Beberapa tokoh legendaris terkenal menemui ajalnya dengan cara yang amat tragis. Ada yang dibunuh pengawalnya sendiri atau dihukum mati dengan menenggak racun. Siapa sajakah mereka? Berikut informasi lengkapnya.

1. Julius Caesar

Julius Caesar merupakan jenderal dari Romawi dan sangat terkenal pada zamannya. Ia lahir di Roma, 13 Juli tahun 100 SM, dan meninggal dunia pada 15 Maret tahun 44 SM. Selama hidupnya, Caesar menasbihkan diri sebagai diktator sepanjang masa yang berhasil memenangkan beberapa perang besar, salah satunya adalah perang saudara tahun 49-45 SM.

Ia berasal dari keluarga bangsawan asli Roma yang sudah bersatu dengan keluarga dari kalangan plebeian atau rakyat jelata. Mereka lantas membentuk kaum bangsawan yang sudah menjadi kelas penguasa di Roma. Caesar mengalami kejadian nahas di akhir hidupnya, di mana ia dibunuh di Gedung Senat Romawi oleh para konspirator yang dipimpin Marcus dan Gaius.

2. Caligula

Selanjutnya, ada Caligula yang juga merupakan tokoh kuno terkenal dan tewas secara tragis. Caligula atau Gayus Caesar adalah Kaisar Romawi yang menjabat pada tahun 37 sampai 41 dan merupakan cicit Julius Caesar. Sejarah mencatat bahwa Caligula adalah pemimpin yang kejam dan perilakunya sulit diprediksi.

Kepemimpinan Caligula terasa normal saat 6 bulan pertama. Namun, ia kemudian terlihat mengalami perubahan atau gangguan mental secara cepat, sehingga mengakibatkan kekacauan di ibu kota. Caligula kerap menggunakan pakaian perempuan dan menyebut dirinya sebagai dewa. Pemerintahan Caligula tidak berlangsung lama. Ia dibunuh oleh pengawalnya sendiri dengan 30 luka tusukan di tubuhnya.

3. Socrates

Satu hal yang aku tahu adalah, aku tidak mengetahui apa-apa merupakan ungkapan dari seorang filsuf terkenal, Socrates. Lahir di Yunani, Socrates tumbuh menjadi seorang filsuf kuno yang namanya masih diingat sampai hari ini. Pemikirannya bahkan berpengaruh besar terhadap filsafat Barat.

Socrates dikisahkan sebagai sosok cerdas dengan integritas tinggi dan memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik. Sayangnya, ia tewas usai dijatuhi hukuman mati ketika usianya menginjak 70 tahun. Ia dituding melakukan ketidaksopanan dan harus menelan racun sebagai bentuk hukuman matinya.

4. Tunggul Ametung

Tunggul Ametung merupakan seorang akuwu atau bupati di Tumapel di bawah pemerintahan Kertajaya tahun 1185-1222. Selama memimpin, ia harus mengirimkan upeti ke kerajaan Kediri, yang belakangan tidak bisa dibayarkannya karena adanya kasus perampokan uang. Tunggul Ametung adalah salah satu tokoh terkenal karena kisah tragis di akhir hayatnya. Ia dibunuh oleh Ken Arok, yang merupakan pengawalnya.

Ken Arok lantas mendirikan Kerajaan Singosari. Adapun latar belakang pembunuhannya ini adalah karena Ken Arok ingin mendapatkan istri Tunggul Ametung yang sangat cantik, bernama Ken Dedes. Nyawa Tunggul Ametung dihabisi dengan menggunakan keris Mpu Gandring, sebuah pusaka terkenal di zamannya.

Topik Menarik