Ribuan Peserta Ikuti Kirab Merah Putih di Tegal, Usung Bendera Sepanjang 1.001 Meter

Ribuan Peserta Ikuti Kirab Merah Putih di Tegal, Usung Bendera Sepanjang 1.001 Meter

Nasional | BuddyKu | Sabtu, 17 Desember 2022 - 21:59
share

TEGAL, iNews.id Ribuan peserta mengikuti kirab merah putih 1.001 meter di Kabupaten Tegal, Sabtu (17/12/2022). Kirab berhasil memecahkan rekor bendera terpanjang dengan panji-panji merah putih terbanyak.

Kirab diawali dari GOR Tri Sanja Slawi menuju lapangan Pemda Kabupaten Tegal. Kirab bertajuk Harmoni Nusantara Bangkit diikuti sekitar 8.000 peserta yang berasal dari kalangan pelajar, TNI, Polri, dan ormas di Kabupaten Tegal jawa tengah.

Selain lambang burung garuda berukuran besar, peserta kirab juga mengusung bendera merah putih sepanjang 1.001 meter serta 8.000 panji-panji merah putih. Kirab menempuh jarak sekitar 2,5 kilometer.

Kirab berakhir di lapangan Pemda Kabupaten Tegal, diisi atraksi pembentangan tujuh bendera merah putih sepanjang 101 meter oleh ratusan pelajar. Jumlah tujuh bendera sebagai simbol enam agama dan satu kepercayaan di Indonesia.

Acara kirab dihadiri ulama kharismatik yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Habib Luthfi Bin Yahya, serta jajaran Forkopimda Kabupaten Tegal.

Kirab merah putih bertujuan menumbuhkan nilai semangat kebangsaan, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 serta menjaga keutuhan NKRI, kata Ketua Umum Kirab Kebangsaan Merah Putih Harmoni Nusantara Bangkit, RA Endang Nanik Purwati.

Dengan mengusung bendera sepanjang 1.001 meter dan 8.000 panji-panji merah putih, kirab berhasil memecahkan rekor Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) dengan kategori kirab bendera panjang dengan panji-panji terbanyak.

Kirab kebangsaan merah putih sebelumnya juga pernah digelar di Yogyakarta, Semarang, Pekalongan, Pemalang, Brebes dan Kudus. Kirab akan terus digelar di seluruh wilayah di Nusantara.

Topik Menarik