Ini Alasan Kenapa Madiun Disebut Kota Gadis!

Ini Alasan Kenapa Madiun Disebut Kota Gadis!

Nasional | BuddyKu | Kamis, 8 Desember 2022 - 21:15
share

KOTA Madiun, Jawa Timur memiliki banyak sebutan mulai dari Kota Pendekar, Kota Pecel hingga Kota Gadis. Mungkin ada yang mengira Kota Gadis ditabalkan karena banyak penduduk wanita perawan. Ternyata bukan guys.

Sebenarnya Gadis dalam hal ini hanya akronim dari dari slogan Perdangan, Pendidikan, dan Perindustrian.

Alasan ini diperkuat dengan sejak zaman kerajaan, Madiun itu daerah strategis yang menghubungkan antara Kerajaan Mataram dan Kerajaan Daha (Kediri), bahkan di masa kolonial tidak jarang kota ini dijadikan basis pertahanan dan kekuatan.

Kemudian, di bidang pendidikan jika Madiun tercatat kota yang memiliki instansi pendidikan yang cukup banyak dan lengkap. Mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi dan universitas pilihan.

Mengutip laman madiunkota.go.id , Madiun memiliki lebih dari 200 instansi pendidikan.

Pada bidang industri, Madiun memiliki beberapa perusahaan berskala besar seperti PT. Industri Kereta Api (PT INKA), Pabrik Rokok Sampoerna, Gudang Garam, serta Pabrik Gula Rejo Agung sejak tahun 1894. Selain itu, banyak UMKM bergerak di segala bidang, seperti oleh-oleh khas Madiun ada kerupuk puli, madumongso, dan sambel pecel.

Banyaknya UMKM yang bergerak ini, dikarenakan jika sebagian besar warga Madiun merupakan tipe orang yang giat dan pekerja keras.

Bisa juga melihat dari plakat bertuliskan Kota Gadis, secara jelas di sepanjang Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Taman, Madiun atau dekat dengan Pasar Besar Madiun.

Secara tak langsung, plakat yang dipasang dekat dengan Pasar Besar memberikan gambaran jika kota ini penuh dengan kegiatan dagang termasuk industri dan pendidikan.

Untuk bidang perdagangan, Madiun merupakan sektor yang berjalan dari bidang perindustrian dan sektor pendukung lainnya.

Ilustrasi

Nah, beberapa penjelasan di atas tadi, Anda mungkin bisa memiliki pengetahuan lebih luas terkait julukan Kota Gadis untuk Madiun, Jawa Timur.

Julukan Kota Gadis bukan karena faktor jumlah penduduk wanita dan jumlah penduduk laki-laki. Tetapi, julukan tersebut adalah sebuah singkatan yang memiliki banyak makna di baliknya.

Topik Menarik