Jam Saku Milik ABK Kapal Titanic Terjual Rp1,8 Miliar

Jam Saku Milik ABK Kapal Titanic Terjual Rp1,8 Miliar

Nasional | BuddyKu | Sabtu, 3 Desember 2022 - 19:02
share

JAKARTA, iNews.id - Siapa sangka tragedi tenggalamnya kapal RMS Titanic menyisakan material yang bernilai. Salah satu material tersebut adalah jam saku milik seorang anak buah kapal (ABK) Kapal Titanic, Oscar Scoot Woody.

Jam saku tersebut resmi terjual dalam pelelangan senilai 98.000 poundsterling atau setara Rp1,8 miliar, melalui lembaga Henry Aldridge & Sons di Devizes, Inggris, Sabtu (19/11/2022). Sejumlah benda lain dari kapal yang tenggelam pada 14 Apri; 1912 juga diketahui dilelang bersama jam saku itu.

Jam saku tersebut ditemukan di dasar lautan. Kemudian, benda bersejarah itu kemudian dirawat oleh istri Oscar, Leila.

Sebelum menjadi pekerja di Titanic, Oscar Scott Woody merupakan seorang petani dan pedagang. Mengutip sejumlah sumber, dia bergabung bersama Titanic untuk menempati pekerjaan sebagai petugas pos.

Pada malam kejadian tersebut, Woody dan rekan pegawai pos, dibantu oleh beberapa awak lainnya berjuang untuk membawa sekitar 200 karung surat ke dek yang lebih tinggi dari ruangan surat yang terendam air. Namun, nyawa Woody tak tertolong, dirinya tenggelam bersama korban lainnya.

Istrinya Leila tinggal bersama pamannya, Harry Warren. Saat kabar Titanic mengemuka, Leila bersama keluarga menunggu kabar dari sang suami hingga duka menyelimuti keluarganya.

Sebuah catatan sensus penduduk antara kurun waktu 1930-1940 mencatat Leila tidak pernah menikah lagi sejak saat itu, dan memutuskan untuk tinggal di Washington DC.

Topik Menarik