Akhiri 15 Tahun Menjabat, Bupati Cilacap Pulang Kampung Jalan Kaki 96 km

Akhiri 15 Tahun Menjabat, Bupati Cilacap Pulang Kampung Jalan Kaki 96 km

Nasional | BuddyKu | Selasa, 15 November 2022 - 09:44
share

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji memutuskan berjalan kaki pulang ke rumah sejauh 96 kilometer, Senin (14/11/2022). Ia mengaku aksi itu dilakukan untuk memenuhi nazar ketika awal menjabat.

Tatto melakukan aksinya menjelang akhir masa jabatannya sebagai kepala daerah pada 19 November 2022. Sebelum berjalan, ia terlebih dahulu memimpin apel di halaman Pendopo Wijayakusuma, Cilacap, Senin pagi.

Pamitan : Usai apel, Tatto didampingi istri beserta anak dan cucunya berpamitan dengan menyalami satu per satu peserta apel, mulai dari kepala dinas, camat, hingga pegawai lainnya.

Tatto mengatakan bahwa kepulangannya dari Rumah Dinas Bupati Cilacap menuju rumah pribadi di Desa Ciguling, Kecamatan Majenang, dengan berjalan kaki itu merupakan nazar yang harus dipenuhi.

Ini nazar saya jalan kaki saat selesai menjabat karena pemimpin itu datang dan pergi. Dahulu saya ke sini diantar keluarga dan masyarakat. Namun, sekarang saatnya pulang karena perintah undang-undang, 15 tahun (menjabat) saya pulang, ujar Tatto dikutip Antara.

Tatto mengatakan ketika awal sebagai kepala daerah, dia ke rumah dinas diantar mobil, sekarang pulang ke kampung halamannya berjalan kaki.

Alasan : Dengan berjalan kaki, Tatto mengaku ingin melihat hasil-hasil pembangunan selama 15 tahun menjabat. Tatto diketahui pernah menjabat sebagai wakil bupati, pelaksana tugas bupati, hingga sebagai Bupati Cilacap selama dua periode.

Selain nazar, jalan kaki merupakan hobi yang rutin saya lakukan setiap hari karena menyehatkan. Saya juga ingin berpamitan langsung dengan masyarakat, kata Tatto.

Kendati demikian, Tatto mengharapkan perjalanannya menuju Ciguling tidak sampai mengganggu kegiatan belajar mengajar maupun pelayanan organisasi perangkat daerah (OPD) di sepanjang rute yang dilaluinya.

Akan tetapi, Tatto tidak melarang jika ada yang sekadar meluangkan waktu 1 menit atau 2 menit untuk sekadar menerima ucapan pamit.

Kalau ada yang menyempatkan waktu 12 menit saya bahagia, saya ingin pamit, kata Tatto.

Waktu tempuh : Perjalanan Tatto diperkirakan akan memakan waktu selama 4 hari dengan beberapa etape, yakni hari/etape pertama (14/11) dari Pendapa Wijayakusuma menuju Kecamatan Jeruklegi dan Kawunganten.

Setelah menginap di Kecamatan Kawunganten, keesokan harinya Selasa (15/11) Tatto melanjutkan perjalanan etape kedua menuju Kecamatan Bantarsari dan Sidareja.

Usai menginap di Kecamatan Sidareja, Tatto pada hari Rabu (16/11) melanjutkan perjalanan menuju Desa Cinangsi, Kecamatan Gandrungmangu, kemudian menginap di Kecamatan Karangpucung. Etape terakhir akan dijalani Tatto pada hari Kamis (17/11) dengan rute Kecamatan Karangpucung menuju kediaman pribadi di Desa Ciguling, Kecamatan Majenang.

Topik Menarik