Tak Banyak yang Tahu, Inilah 5 Penjara Paling Mengerikan di Dunia, Tak Punya Toilet dan Dikurung di Peti Sampai Mati

Tak Banyak yang Tahu, Inilah 5 Penjara Paling Mengerikan di Dunia, Tak Punya Toilet dan Dikurung di Peti Sampai Mati

Nasional | riau24.com | Rabu, 6 Juli 2022 - 08:38
share

RIAU24.COM-Kebanyakan dari kita akan menolak untuk tidur dan melakukan aktivitas lainnya di dalam penjara, karena pada dasarnya manusia adalah mahluk bebas, dan penjara menjadi bentuk dari sebuah keterkungkungan.Meskipun begitu, penjara juga dianggap sebagai tempat merenung bagi para pelaku kejahatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik setelah keluar dari penjara.

Namun apa jadinya jika penjara yang seharusnya menjadi tempat intropeksi diri justru malah menjadi tempat paling mengerikan di dunia? Tahukah Anda, penjara-penjara di beberapa negara di dunia ini nyatanya malah menjadi "neraka" bagi para narapidana. Bahkan ada narapidana yang gila atau akhirnya mati karena wabah penyakit.

Dilansir dari AKURAT.CO, berikut 5 penjara paling mengerikan di dunia.

1. Penjara Bang Kwang, ThailandPenjara Bang Kwang menjadi salah satu penjara yang sering dibahas media internasional karena "kengeriannya". Bahkan salah satu media kenamaan asing asal Kanada, "The Sun" menyebut Bang Kwang sebagai tempat bagi narapidana untuk mati.Di penjara paling "keras" di Thailand tersebut, para narapidananya sampai diwajibkan memakai belenggu besi yang diikatkan ke kedua kaki selama tiga bulan pertama. Lebih kejamnya lagi, narapidana yang terancam hukuman mati bahkan harus memakai belenggu besi sampai eksekusi. Tidak hanya itu, kabarnya para penghuni penjara ini juga hanya mendapatkan satu mangkok sup untuk jatah makan sehari.

2 Penjara Urga, MongoliaMongolia pernah mempunyai sejarah yang kelam dalam menghukum warganya. Sekitar tahun 1918, seorang penjelajah kenamaan Amerika Serikat, Roy Chapman Andrews, menggambarkan bagaimana mengerikannya penjara di Urga. Menurut kesaksian Andrews, para narapidana tidak ditempatkan di sebuah sel tahanan, melainkan di sebuah peti kayu di ruang bawah tanah yang gelap.Bahkan, para tahanan malang hanya mempunyai celah bundar selebar 6 inci atau sekitar 15 centimeter untuk bernapas. Para penjaga penjara pun memberi makan melalui celah tersebut. Para tahanan makan dan buang air di peti itu juga. Baru 2-3 minggu kemudian, para penjaga membersihkan peti tahanan. Kejamnya lagi, para tahanan tidak hanya sulit bernapas tetapi juga tangan mereka diborgol.Bisa dibayangkan betapa tersiksanya para narapidana di penjara Urga ini. Mereka tidak perlu menunggu eksekusi mati karena kemungkinan mereka mati sangatlah besar. Apalagi dengan cuaca Mongolia yang super dingin serta keterbatasan dalam bergerak membuat kebanyakan tahanan mati membeku.

3. Penjara Petak Island, RusiaRekor penjara terketat di bumi mungkin dipegang oleh penjara Petak Island di Rusia. Penjara paling mengerikan di Rusia tersebut berada di tengah-tengah danau beku White Lake. Bahkan, kabarnya narapidana yang mencoba kabur dari penjara dengan cara menggali es dan berenang, maka mereka dipastikan akan mati ditembak para penjaga penjara. Tidak hanya ketat, penjara Petak Island juga disebut-sebut sebagai penjara paling berbahaya di Rusia karena sebagian besar narapidananya adalah penjahat kelas kakap. Lebih parahnya lagi, penjara ini hanya memperbolehkan narapidananya dikunjungi oleh dua pengunjung selama setahun.

Sel untuk para narapidana pun terbilang sangat sempit. Para narapidana diharuskan berada di dalam sel selama sekitar 22,5 jam per hari. Alhasil, narapidana tidak bisa bergerak bebas dalam waktu yang lama. Tidak hanya itu, sel penjara bahkan tidak dilengkapi dengan toilet atau fasilitas kebersihan lainnya. Alhasil, kebanyakan narapidananya mengalami gangguan kesehatan hingga psikologis selama berada di penjara.

4. Kamp Tahanan Teluk GuantnamoKamp Tahanan Teluk Guantnamo terletak di Teluk Guantanamo yang merupakan basis bagi pangkalan Angkatan Laut AS. Kamp Tahanan Teluk Guantnamo terkenal akan reputasinya sebagai tempat hukuman bagi para teroris serta penjahat-penjahat berbahaya lainnya. Sejak tahun 2002, oleh pemerintahan Amerika Serikat, kamp penjara ini dijadikan sebagai tempat untuk menghukum kelompok radikal Islam seperti Al-Qaeda dan Taliban.

Penyiksaan berupa kelaparan adalah hal yang biasa dialami oleh para narapidanan di penjara yang telah berusia 116 tahun ini. Bahkan, beberapa kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) kerap mencuat dari para tahanan.

5. Kamp Sumter, Amerika SerikatKamp Sumter terletak di Andersonville, Georgia, Amerika Serikat. Kamp Sumter terkenal sebagai penjara bagi tahanan militer perang selama perang sipil Amerika Serikat. Kamp Sumter disebut-sebut sebagai "tanah paling mematikan selama perang sipil Amerika Serikat". Selama 12 bulan sebelum perang sipil berakhir, tercatat setidaknya ada lebih dari 45 ribu prajurit yang ditahan di penjara tersebut. Makanan dan air yang tidak memadai, sel yang penuh, serta sanitasi yang buruk membuat puluhan ribu tahanan meninggal dunia. Tercatat hampir 13 ribu tahanan perang tewas karena terserang penyakit.

Itulah 5 penjara paling mengerikan di dunia. Sangat memprihatinkan ya..

Topik Menarik