Surabaya Melesat di Hari Kedua, Langsung Raup 17 Emas

Surabaya Melesat di Hari Kedua, Langsung Raup 17 Emas

Nasional | jawapos | Senin, 27 Juni 2022 - 09:13
share

JawaPos.com- Kota Surabaya langsung panen medali pada hari kedua Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII/2022 pada Minggu (26/6).

Kontingen asal Surabaya meraih tambahan 17 emas, 9 perak, dan 11 perunggu. Tujuh emas di antaranya disumbangkan dari cabang olahraga (cabor) shorinji kempo.

Tujuh emas tersebut diperoleh dari nomor randori putra 60 kg, randori putri 55 kg, embu beregu putra, embu beregu campuran, embu pasangan putri kyu 3, embu pasangan putra kyu 1, serta embu pasangan campuran kyu 1.

Total, selama tiga hari penyelenggaraan di GOR Juang 45 Politeknik Negeri Jember, kempo menyumbang 9 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Jumlah medali tersebut menempatkan Kota Surabaya sebagai juara umum cabor shorinji kempo.

Bagi Kota Surabaya, hasil tersebut sangat memuaskan. Apalagi, mereka sebelumnya hanya mematok target tujuh emas.

Alhamdulillah, dapat prestasi lagi tambahan dua emas, kata Litbang KONI Surabaya Ermandaru. Kami persiapan sejak kejurda Desember 2021. Kami rutin berlatih dan juga mengukur semua kekuatan, ujar Ermandaru.

Kami bersyukur melampaui target, tapi kami juga sudah memprediksi kalau kami akan lebih dari itu (target tujuh emas, Red), imbuhnya.

Sementara itu, satu tambahan medali emas lain disumbang dari cabor wushu taolu. Jeremiah Mathias Muntu, yang tampil di nomor dao shu putra, menjadi yang terbaik dengan raihan poin 9,42.

Dia mengungguli Akbar Dwi Affandi dari Kota Batu yang meraih poin 9,4 dan Rakay Nobel Ardiansyah dari Kabupaten Jember yang mendapat poin 9,35.

Sebelumnya, pada Jumat (24/6), Kota Surabaya mendapat dua medali emas wushu taolu dari nomor chang quan putra dan putri. Medali emas putra disumbang Muhammad Zaki Ikbaar, sedangkan putri oleh Koleta Mikaella Sandrina.

Wushu Indonesia (WI) Kota Surabaya sendiri punya target mendapat delapan emas. Meski kekuatan antardaerah mulai merata, Ketua WI Kota Surabaya Kriswanto optimistis Surabaya bisa mencapai target tersebut.

Kami masih ada peluang untuk menambah medali. Besok (hari ini, Red) masih ada dua nomor taolu dan beberapa nomor sanda, kata Kriwanto.

Target kami meraih delapan emas, lima dari taolu dan tiga dari sanda. Semoga kami bisa mencapai target itu karena kekuatan sudah merata, imbuhnya.

Secara keseluruhan, sampai pukul 8 malam kemarin, Kota Surabaya sudah meraih 21 emas, 10 perak, dan 12 perunggu. Mereka unggul jauh dari Kabupaten Pasuruan yang berada di posisi kedua dengan 9 emas, 8 perak, dan 7 perunggu.

Klasemen 5 Besar Porprov VII Jawa Timur*
No Kontingen Emas Perak Perunggu Nilai Total
1. Kota Surabaya 21 10 12 116
2. Kab Pasuruan 9 8 7 59
3. Kab Malang 5 9 9 47
4. Kota Kediri 8 4 5 45
5. Kab Pacitan 8 1 0 34

* Sampai pukul 8 malam

Topik Menarik