Resep dan cara membuat cipeng cikruh, camilan khas Sunda bikin nagih

Resep dan cara membuat cipeng cikruh, camilan khas Sunda bikin nagih

Nasional | brilio.net | Jum'at, 24 Juni 2022 - 09:00
share

Brilio.net - Sunda memang terkenal dengan berbagai camilan berbahan aci yang lezat. Selain cilok, cireng, dan cimol, ada juga cipeng cikruh. Cipeng sendiri berarti aci gepeng. Sedangkan cikruh berarti banyak mengandung air dan enak.

Sesuai namanya, camilan satu ini memang berbentuk pipih dan rasanya enak karena disajikan bersama minyak bawang. Soal rasa, dijamin bikin nagih. Yuk, langsung eksekusi resepnya, dilansir BrilioFood dari akun Instagram @wawawiati.

foto: Instagram/@wawawiati

Bahan cipeng:
- 250 gr tepung kanji
- 50 gr tepung terigu
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt bubuk kaldu
- 275 ml air mendidih

Cara membuat:
1. Kecuali air mendidih, campur rata semua bahan. Lalu tuangi air mendidih, aduk rata dengan sendok kayu. Kalau sudah tidak terlalu panas, uleni dengan tangan sampai adonan bisa dibentuk. Usahakan adonan agak lembut supaya cipengnya nggak keras.
2. Kalau sudah dingin, olesi tangan dengan minyak saat mencetak adonan. Bentuk bulat-bulat sebesar kelereng, letakan di antara 2 lembar plastik lalu tekan dengan bagian bawah gelas sampai gepeng. Lakukan sampai adonan habis.
3. Siapkan minyak, masukkan cipeng ke dalam minyak yang belum telalu panas, goreng dengan api sedang sampai kulit luarnya kaku dan agak kering. Angkat. Sisihkan.

Bahan minyak cabe dan bawang:
- 3 siung bawang putih ukuran besar dicincang halus
- 4 lembar daun jeruk, buang tulangnya lalu iris tipis
- 1,5 sendok sayur minyak atau secukupnya
- Bubuk cabe halus dan bubuk cabe kasar sesuai selera
- Bumbu penyedap rasa
- Jeruk purut atau jeruk sambal (opsional)

Cara membuat:
1. Goreng bawang dan daun jeruk sampai wangi dan kecoklatan. Gunakan api kecil supaya nggak cepet gosong. Matikan api. 2. Biarkan hangat lalu tambahkan bubuk cabe, bumbu penyedap rasa dan air perasan jeruk purut ke dalam minyak bawang, aduk rata.

Penyelesaian:
1. Masukkan cipeng ke dalam wadah yang agak besar.
2. Siram dengan minyak cabe dan bawang. Aduk rata. Siap disajikan.

Topik Menarik