Penarik Becak Asal Madura Naik Haji

Penarik Becak Asal Madura Naik Haji

Nasional | jawapos | Jum'at, 17 Juni 2022 - 17:29
share

JawaPos.com Sopir becak asal Madura akhirnya bisa menunaikan ibadah haji usai menunggu beberapa tahun. Dia adalah Holili Addrae Sae, 60.

Holili menjadi satu di antara satu jutaan jamaah haji yang terpilih untuk berangkat ke Tanah Suci. Pria asal Sampang Madura itu sehari-hari berprofesi sebagai sopir becak.

Terus terang kami hanya bekerja keras memeras keringat mengayuh becak setiap hari, istri saya yang begitu telaten menyisihkan sedikit demi sedikit uang sisa dari kebutuhan hidup sehari-hari, ungkap Holili, Jumat (17/6).

Warga Jalan Permata, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Sampang, menceritakan perjuangan dan doanya hingga bisa naik haji tahun ini. Cita-cita naik haji itu diimpikan bersama istrinya, Busideh.

Dari peran pujaan hatinya itu, Holili bisa menabung dari jerih payahnya penghasilan sebagai tukang becak. Namun, Busadeh meninggal dunia sebelum bisa naik haji.

Quddarulloh taqdir Allah , istri saya meninggal dunia pada 2019 karena sakit, porsi haji istri, saya tawarkan ke anak saya untuk menggantikan namun mereka menolak, akhirnya uang tabungan haji saya ambil, untuk biaya badal haji bagi istri saya di Tanah Suci, papar Holili.

Hingga pada 2011, dia bersama istrinya, dari hasil tabungan dimampukan bisa daftar haji. Atas dorongan istrinya untuk pelunasan biaya haji, dia memutuskan menjual seluruh barang berharga yang dimiliki dan kebetulan saat itu dapat uang arisan, bersyukur Holili dan istrinya masuk daftar tunggu naik haji.

Penghasilan becak per hari hanya Rp 30 ribu 50 ribu, itupun tidak menentu, selain itu, saya juga bekerja sebagai kuli ikan dengan penghasilan yang tak seberapa, istri sayalah yang rajin menabung mengumpulkan, dan dibelikan beberapa gram emas, jelas Holili.

Kisah perjuangan dan doa Holili tidak sampai di sini, karena tidak bergabung dalam bimbingan ibadah haji karena tidak punya biaya, akhirnya ada pertolongan hingga ada salah satu kelompok bimbingan ibadah haji di Kabupaten Sampang yang mengajak bergabung dan membebaskan seluruh biaya.

Alhamdulillah pertolongan Allah Subhanahu Wa Taala bagi orang yang sabar ikhlas dan tidak putus berusaha dan berdoa, ucap Holili.

Topik Menarik