Bali Manjakan Delegasi KTT G20, Ada Fasilitas Kesehatan `Wah`

Bali Manjakan Delegasi KTT G20, Ada Fasilitas Kesehatan `Wah`

Nasional | genpi.co | Selasa, 31 Mei 2022 - 00:00
share

GenPI.co Bali - Fasilitas kesehatan \'wah\' alias terbaik bakal dipakai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali sebagai cara manjakan para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang datang November 2022 nanti.

Mengingat konferensi ini berskala internasional, fasilitas VVIP bakal disediakan khusus untuk para wakil negara yang terlibat.

Salah satu fasilitas yang menjadi perhatian di sini tentu saja bidang kesehatan.

Plt Direktur RSUD Bali Mandara dr Ketut Suarjaya MPPM mengatakan rumah sakit milik pemerintah provinsi ini bakal menyiapkan fasilitas 10 ruang rawat inap VVIP.

Ruang rawat inap VVIP ini diperuntukkan untuk para delegasi yang membutuhkan perawatan atau layanan kesehatan.

"Untuk VVIP kami siapkan 10 tempat tidur dan bila diperlukan masih bisa dilakukan penambahan," kata dr Ketut Suarjaya MPPM, Minggu (29/05/22).

RSUD Bali Mandara merupakan satu dari lima rumah sakit di Provinsi Bali yang menjadi RS rujukan untuk menangani kondisi kegawatdaruratan bagi para delegasi G20.

Selain RSUD Bali Mandara, ada RSUP Sanglah, RS Siloam, RS BIMC Nusa Dua, dan RS Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Udayana.

"Di bawah koordinasi Dinas Kesehatan Provinsi Bali, kami sudah menyiapkan sarana prasarana, tenaga kesehatan, ruang IGD, ICU dan ruang rawat inap VVIP," ujar mantan Kadiskes Bali ini.

Untuk tenaga kesehatan tersedia dalam jumlah yang cukup dan beragam spesialisasi.

RSUD Bali Mandara juga memiliki layanan unggulan, seperti pelayanan bedah, pelayanan hemodialisa, pelayanan komprehensif, pelayanan kosmetik medik dan pelayanan kanker terpadu yang segera diluncurkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster.

RSUD Bali Mandara akan memberikan pelayanan kesehatan kepada para delegasi atau peserta G20 yang kasus penyakitnya tergolong sedang dan berat, kata Dokter Suarjaya.

Untuk kasus-kasus yang ringan akan ditangani di lokasi pertemuan yang sudah dilengkapi mini ICU (Intensive Care Unit).

Kemudian ketika ada kasus sakit yang sedang akan dirujuk ke RS terdekat yakni BIMC Nusa Dua dan RS PTN Unud.

"Kami senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. Dari Kementerian Kesehatan sebelumnya juga sudah berkunjung untuk melihat persiapan yang sudah kami lakukan," papar Dokter Suarjaya.

Tentu saja penyediaan fasilitas kesehatan \'wah\' ini diharapkan Pemprov Bali tak cuma manjakan para delegasi KTT G20 melainkan juga menambah imej baik pulau guna menggaet banyak wisatawan luar negeri. (Ant)

Simak video berikut ini:

Topik Menarik