Loading...
Loading…
Koalisi Pilpres 2024 Airlangga Disarankan Berpasangan Dengan Tokoh Militer

Koalisi Pilpres 2024 Airlangga Disarankan Berpasangan Dengan Tokoh Militer

Nasional | rm.id | Minggu, 15 Mei 2022 - 08:05

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai sebagai sosok Calon Presiden 2024 yang tepat dalam mendorong rekonsiliasi politik.

Inisiasi pertemuan antara tiga ketua umum partai politik, Partai Golkar, PAN, dan PPP beberapa waktu lalu juga menunjukkan ikhtiar koalisi yang positif dalam mencegah polarisasi, memperkuat demokrasi dan transparansi politik di Indonesia.

Direktur Eksekutif Laboratorium Suara Indonesia (LSI) Albertus Dino menyatakan, pertemuan Golkar, PAN, dan PPP bukan hanya dilihat sebagai upaya koalisi menuju Pilpres 2024. Namun, lebih luas, merupakan upaya untuk menjaga dan memperkuat demokrasi di Indonesia.

Jika merujuk pemilu 2014 dan 2019, hasil survei menunjukkan masyarakat merasa sangat dirugikan dan menolak pembelahan sosial politik kembali terjadi.

"Kita lihat dua periode di 2014 dan 2019, ada politik identitas di mana hoaks dan berita bohong, isu sara untuk menyerang lawan politik, masyarakat sudah jenuh dan butuh harapan, serta juga sosok baru," ujarnya dalam diskusi bertajukMenuju Pilpres 2024, Mencari Pasangan untuk Airlangga Hartarto yang digelar platform media sosial @Golkar2024, Jumat (13/5).

Baca Juga :
Ulama Sarankan Airlangga Gandeng Tokoh NU Menuju 2024

Model politik polarisasi,tidak mendidik dan tidak produktif dalam membangun politik kebangsaan dan kewarganegaraan. Albertus mengingatkan, masyarakat akan kembali terpecah dan terpolarisasi dikarenakan dorongan menentukan pilihan politik berdasarkan identitas, seperti agama, budaya, dansuku bangsa. Serta ditambah lagi dengan kecenderungan lemahnya literasi masyarakat di era digital.

Albertus mengungkapkan, kemunculan Airlangga sebagai Ketua Umum Partai Golkar maupun sebagai Menko Perekonomian, membawa fenomena baru di era politik kontemporer. Bukan hanya mewakili semangat politik yang lebih segar, dialogis, demokratis, dan terbuka, namun juga mewakili kapasitas kepemimpinan di bidang sosial ekonomi yang sangat penting di mata publik hari ini, khususnya para anak muda.

"Masyarakat khususnya para anak muda yang merupakan pemilih terbesar saat ini mereka lebih open minded. Lebih baik lagi karena mereka mampu membedakan dan memilih secara rasional tanpa melulu melihat identitas," ujarnya.

Menurut Albertus, justru dua tahun hantaman pandemi Covid-19 telah membuat masyarakat lebih peduli dan saling menolong tanpa membeda-bedakan. Isu paling utama adalah hidup sehat dan ekonomi pulih.

Baca Juga :
Jika Puan Capres, Tokoh-tokoh Ini yang Cocok Jadi Cawapresnya

"Airlangga ini selain Menko Perekonomian, juga merupakan Ketua Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi, fokusnya adalah kinerja. Beberapa Lembaga survei Kajian Pemilu memunculkan fakta bahwa masyarakat cenderung menyukai dan mengapresiasi pemimpin politik yang punya karya dan prestasi," tambahnya.

Pertemuan tiga partai Partai Golkar, PAN, dan PPP, menunjukkan upaya jalan kolaborasi politik antara kelompok nasionalis dan kelompok religius.

"Menurut saya, Airlangga Hartarto memainkan peran yang tepat. Saran dari saya, pasangan cocok bagi Airlangga adalah kalangan militer, kombinasi yang baik dalam membangun politik kebangsaan dan sosial ekonomi," sarannya.

Original Source

Topik Menarik