PDIP Minta Puskesmas DKI Awasi Hepatitis Misterius Akut

PDIP Minta Puskesmas DKI Awasi Hepatitis Misterius Akut

Nasional | law-justice.co | Rabu, 11 Mei 2022 - 09:17
share

Anggota DPRD dari fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak meminta agar Puskesmas di DKI Jakarta melakukan pengamatan terhadap gejala hepatitis misterius akut secara ketat kepada warga. Hal itu menyusul laporan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) yang menyebut tiga kasus diduga hepatitis misterius di Jakarta.

"Sebaiknya pengamatan oleh Puskesmas di wilayah kerja dilakukan ketat. Misalnya bilamana ada dugaan, segera ditindaklanjuti tim surveilans," kata Gilbert kepada wartawan, Selasa (10/5/2022).

Gilbert meminta warga agar waspada terhadap penularan hepatitis akut misterius ini. Dia juga meminta Pemprov DKI Jakarta untuk bersiap diri.

"Melihat gejalanya, memang dugaan dari makanan. Tetapi bukti yang pasti belum ditemukan, walau demikian masyarakat perlu waspada. Dengan jumlah kasus yang ada, apalagi sepulang liburan, kita perlu waspadai dampaknya. Karena itu Pemprov perlu bersiap dalam hal fasilitas, tenaga dan keperluan lainnya," katanya.

Lebih lanjut, Gilbert khawatir penularan hepatitis akut misterius ini bisa dipengaruhi oleh liburan mudik. Namun demikian, dia berharap penularan hepatitis misterius maupun COVID-19 tidak meluas.

"Karena dalam kondisi mudik yang luar biasa ini, perlu ada perkiraan tersendiri terhadap COVID dan hepatitis. Semoga tidak terjadi kenaikan yang mengkhawatirkan," katanya.

Selain itu, Gilbert juga meminta warga untuk melapor ke fasilitas kesehatan jika mengalami gejala hepatitis. Dia menyebut langkah itu demi kebaikan bersama.

"Kita minta warga proaktif untuk kebaikan semua," katanya.

Topik Menarik