Datangi Pendopo Bupati Lebak, Ini Amanat Puun Baduy untuk Pemerintah

Datangi Pendopo Bupati Lebak, Ini Amanat Puun Baduy untuk Pemerintah

Nasional | bantennews.co.id | Jum'at, 6 Mei 2022 - 18:06
share

LEBAK Sebanyak 190 warga Baduy luar dan Baduy dalam mendatangi Pendopo Bupati Lebak untuk melaksanakan acara Seba Baduy, yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Lebak, Jumat (6/5/2022).

Kedatangan warga Baduy luar dan Baduy dalam tersebut untuk menyampaikan amanat atau wasiat dari tetua adat (Puun), serta menyerahkan hasil bumi yang didapat warga Baduy untuk diserahkan kepada Ibu Gede (Bupati).

Jaman, warga Baduy dalam mengaku bahwa dirinya bersama warga Baduy dalam lainnya berangkat dari Baduy dalam sekira pukul 05.00 WIB dengan berjalan kaki menuju Pendopo Bupati.

Sebelum berangkat, tetua adat (Puun) menitipkan pesan atau wasiat kepada kami untuk di berikan kepada Ibu Gede (Bupati), kata Jaman kepada awak media, Jumat (6/5/2022).

Pesan wasiat tersebut antara lain terkait tanah ulayat dan lingkungan yang harus dijaga bersama. Hal tersebut dinilai sangat penting di tengah modernisasi dan pembangunan yang seringkali tak ramah lingkungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak Imam Rismahayadin mengatakan, jika warga Baduy yang ikut tradisi Seba Baduy masih dibatasi hanya 100 orang. Namun, sampai saat ini warga Baduy yang datang sudah mencapai 190 orang.

Untuk jumlah pastinya nanti malam saat ritual Seba Baduy dilaksanakan di pendopo Bupati Lebak, kata Imam.

Ia menjelaskan, ritual Seba Baduy dilaksanakan setelah masyarakat Kanekes melakukan tradisi ritual Kawalu atau puasa dalam kalender Adat Baduy.

Tahun ini, rangkaian Seba Baduy dilaksanakan selama tiga hari. Setelah warga Baduy dalam dan Baduy luar beristirahat di Pendopo Bupati Lebak, keesokan harinya mereka akan melanjutkan perjalanan menuju Pendopo Gubernur Banten, ucapnya. (San/Red).

Topik Menarik