DPR RI Siapkan Cara Ini Agar Presiden Rusia Vladimir Putin Diundang ke G20

DPR RI Siapkan Cara Ini Agar Presiden Rusia Vladimir Putin Diundang ke G20

Nasional | riau24.com | Jum'at, 25 Maret 2022 - 22:05
share

RIAU24.COM- Lantaran dianggap bisa membuat G20 menjadi sarana mencari solusi perdamaian antara Rusia dan Ukraina, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar meminta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menghadiri pertemuan antar negara tersebut.

Permintaan itu disampaikan Muhaimin saat bersama Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin dikutip dari suara.com, Jumat, 25 Maret 2022.

"Ya mungkin diharapkan kedatang Putin itu menjadi saranan untuk mencari solusi damai," sebutnya.

zxc1

Agar permintaanya itu terwujud, DPR akan mengkomunikasikan undangan kepada Putin sekaligus hasil pertemuan dengan Dubes kepada Menlu Retno dan Presiden Jokowi.

"Ya pasti terkait perkembangan ini saya akan sampaikan kepada pak presiden maupun Kemenlu baik yang disampaikan pak Dubes menyangkut perkembangan terakhir ini, maupun yang sudah disampaikan Dubes yang kemarin," sebutnya.

Menanggapi permintaan itu, Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin dengan tegas mengatakan jika Presiden Rusia Vladimir Putin tidak pantas berdiskusi tentang perdamaian.

zxc2

Terutama dalam konferensi tingkat internasional, termasuk G20.

"Bagaimanapun, harapan saya (Rusia) akan diblok oleh semua international conference. Karena menjadi kriminal perang dan menjadi diktator, saya pikir dia tidak punya peran untuk berdiskusi tentang perdamaian, keamanan, untuk dunia," ujarnya.

Topik Menarik