Sejumlah Wilayah di Mallusetasi Terdampak Banjir, Ini Langkah Cepat Bupati Barru

Sejumlah Wilayah di Mallusetasi Terdampak Banjir, Ini Langkah Cepat Bupati Barru

Nasional | sulselsatu.com | Senin, 7 Maret 2022 - 21:09
share

SULSELSATU.com, BARRU
Bupati Barru Suardi Saleh meninjau dan menyerahkan bantuan kebencanaan di titik banjir yang ada di Kecamatan Mallusetasi Senin (7/3/2022).

Intensitas hujan yang tinggi menerjang sejak minggu (6/3) mengakibatkan sejumlah wilayah di kecamatan ini terdampak banjir.

Titik banjir tersebut diantaranya yaitu di Lingkungan Pucanra Kelurahan Bojo Baru terdapat 38 rumah terdampak. Kemudian di Lojie dari lima warga yang terdampak, terdapat dua rumah rusak berat.

Selain itu ada juga dua kepala Keluarga di Kelurahan Mallawa, Kecamatan Malusettasi yang menjadi korban hantaman ombak sehingga mengakibatkan satu rumah pada bagian WCnya rusak dan satu rumah panggung yang satunya lagi nyaris roboh namun untungnya masih bisa ditahan pakai bambu.

Bupati Barru Suardi Saleh mengatakan pihaknya saat ini turun mengunjungi warga Kecamatan Mallusetasi yang terdampak musibah banjir kemarin, sekaligus menyerahkan bantuan logistik dan bantuan terdampak bencana lainnya.

Untuk itu, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Barru turun memberikan bantuan sebagai bentuk empati dan kepedulian kepada masyarakat yang tertimpah musibah tersebut, Kata Suardi.

Motivasi Suardi kepada warganya pun berlanjut, ia mengurai jika tak ada yang menginginkan sebuah musibah terjadi, karena itu atas kehendak Allah SWT. Semoga dengan musibah yang terjadi kemarin semua tetap bersabar.

Sabbarakki, kita ambil hikma dari segala cobaan yang menimpah kita, katanya lagi

Pihaknya juga memaparkan bahwa pemerintah datang memberikan bantuan yang dapat membantu meringankan beban warga yang terdampak bencana. Kita minta juga pemerintah Kecamatan Mallusetasi, Kelurahan dan Kepala Desa setempat untuk memperhatikan kondisi warganya, imbuhnya.

Selain menyerahkan bantuan, Suardi juga mengintruksikan dan mengajak Baznas untuk ikut membantu warga yang tertimpa musibah banjir kemarin dan memerintahkan kepada Kepala Dinas PU Pemkab Barru untuk mendampingi tim Balai Besar untuk mengecek langsung kondisi aliran sungai yang mengakibatkan banjir di Pucanra, Kelurahan Bojo Baru.

Dalam kesempatan ini Bupati Barru didampingi Kepala Dinas Sosial Barru Andi Makmun Aksa, Kepala Dinas PU Baharuddin, PLT Kepala BPBD Andi Jalil Mappiare, Komisioner Baznas Minu Kalibu. Juga hadir Camat Mallusetasi Nompo Nasruang, Kepala Kelurahan Mallawa Mahyuddin, Kepala Desa Bojo Arifin Tinulu, Kepala Kelurahan Bojo Baru M Yunus.

Sementara Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, Jaya Sukarno yang turut hadir di lokasi menyampaikan akan membantu penanganan sungai yang mengakibatkan banjir khususnya yang ada di Bojo Baru Kabupaten Barru ini.

Kita akan membantu untuk menangani hal ini untuk meminimalisir luapan susulan. Kami akan teruskan ini ke pusat, agar penanggulangan ini bisa dilakukan secepatnya, katanya.

Akan tetapi kita berharap agar warga sekitar terus waspada guna mengantisipasi banjir susulan yang dapat menggenangi rumah warga, lanjutnya lagi.

Topik Menarik