Kemampuan Menulis Guru MI Diasah

Kemampuan Menulis Guru MI Diasah

Nasional | radarjogja | Rabu, 2 Maret 2022 - 07:51
share

RADAR JOGJA Kemampuan menulis guru MI di Kulonprogo ditingkatkan dengan bimbingan dan pelatihan (bimlat) penulisan buku. . Hal ini dilakukan untuk mewujudkan program pemerintah One School One Book.
Pengawas Madrasah Imam Aladin Nur menjelaskan, dengan menulis, para guru bisa memiliki kemampuan untuk menjabarkan ilmu yang sudah dipelajari selama ini. Tentunya, bisa dituangkan dalam bentuk sebuah buku.

Menulis, juga bisa mengasah empat kemampuan manusia. Yakni kecerdasan intelektual, emosional, sosial, dan religius. Perumpamaanya seperti kalau engkau berkata orang akan ingat sementara. Tapi kalau engkau menulis, orang akan mengenang selamanya, ucapnya usai kegiatan bimlat di MIN 1 Kulonprogo pada Kamis (24/2).

Menurut Aladin, kegitatan tersebut diinisiasi oleh organisasi pengajar yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) MI Tuti Selatan. Dan diikuti oleh pengajar dari MIN 1 Kulonprogo, MI Maarif Kokap, MI Muhammadiyah Selo, MI Maarif Sangon, MI Maarif Plampang, MI Maarif Karangwuni, dan MI Muhammadiyah Serangrejo.

Sementara narasumber bimlat One School One Book Barokatussolihah menyampaikan, ada berbagai hal yang harus diperhatikan dalam menulis. Dengan modal utama menulis adalah minat, kemauan, dan kebiasaan. Sedangkan bakat hanya lima persennya, orang yang menulis juga harus siap untuk dikritik, paparnya.

Peserta bimlat Atik Dwi Zuaningsih mengaku senang bisa mendapatkan ilmu tentang menulis. Dia berharap apa yang sudah dipelajari, bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Ternyata menulis itu tidak sulit. Mudah-mudahan kami dapat mempraktekkannya hingga akhirnya membuahkan hasil sebuah buku, ucap Atik. (inu/eno)

Topik Menarik