Loading...
Loading…
YouTube Umumkan Berhenti Produksi Konten Original

YouTube Umumkan Berhenti Produksi Konten Original

Nasional | jawapos | Selasa, 01 Februari 2022 - 16:20

JawaPos.com Saat ini Netflix sedang jaya-jayanya dengan konten-konten video original-nya, tapi YouTube pernah berusaha unyuk mencoba mengejar kesuksesan itu. Ikut-ikutan Netflix, YouTube juga meluncurkan YouTube Originals, konten asli yang mereka produksi bersama mitra kreator mereka.

Tampaknya usaha YouTube tak membuahkan hasil. Kurang laku dan tetap tidak bisa mengejar kesuksesan Netflix melalui konten originalnya, YouTube mengumumkan tidak lagi memproduksi konten asli.

Hal ini disampaikan raksasa platform berbagi video itu melalui Chief Business Officer, Robert Kyncl. Melalui Twitter pribadinya, dia mengumumkan bahwa YouTube tidak lagi melanjutkan divisi YouTube Original.

YouTube Originals sendiri dibuat bertujuan sebagai saluran bagi perusahaan milik Google itu untuk memproduksi dan menayangkan konten-konten asli dari mereka seperti serial, video edukasi, dan program musik serta selebriti.

Dengan pertumbuhan cepat, muncul peluang baru dan sekarang investasi kami dapat membuat dampak yang lebih besar pada lebih banyak kreator ketika diterapkan ke inisiatif lain, kata Kyncl melalui pernyataan di akun Twitternya.

Setelah mengumumkan berhenti memproduksi konten asli, Kyncl mengatakan bahwa perusahaan akan mengalihkan fokusnya ke Creator Shorts Fund, Black Voices Fund, dan program Belanja Langsung selain YouTube Kids Funds-nya. Dia menambahkan bahwa perusahaan akan menjaga komitmennya untuk pertunjukan yang sudah dikontrak.

Dengan pertumbuhan yang cepat, muncul peluang baru dan sekarang investasi kami dapat memberikan dampak yang lebih besar pada lebih banyak kreator ketika diterapkan pada inisiatif lain, lanjut Kyncl.

Sebagai pengingat, YouTube Originals dibuat pada 2016 dan dipimpin oleh Susanne Daniels. Mereka memulainya dengan acara dan film yang berfokus pada kreator seperti serial komedi thriller Scare PewDiePie.

Langkah ini dilakukan di tengah apa yang disebut perang streaming, dengan layanan seperti Apple TV Plus, Disney Plus, HBO Max, dan Peacock diluncurkan selama beberapa tahun terakhir untuk menyaingi Netflix dan Amazon Prime Video.

Dalam pernyataannya, Kyncl juga mengumumkan dia dan Daniels akan meninggalkan perusahan mulai bulan Maret, yang juga berkontribusi pada keputusan untuk mengurangi divisi.

Mengutip Variety, beberapa acara paling populer dari YouTube Originals antara lain adalah seri dokumenter Justin Bieber: Seasons, komedi Liza On Demand, dan Cobra Kai yang akhirnya berlanjut ke Netflix.

YouTube Originals juga menelurkan beberapa program musik yang menyertakan Alicia Keys, Demi Lovato, Camilo dan Lewis Capaldi dalam Released. Beberapa konser streaming langsung juga ditayangkan seperti pertunjukkan Taylor Swift, Coldplay, Paul MacCartney, dan Andrea Bocelli.

Original Source

Topik Menarik