Usut Kecelakaan Maut di Balikpapan, Polri Kerahkan Tim Traffic Accident Analysis

Usut Kecelakaan Maut di Balikpapan, Polri Kerahkan Tim Traffic Accident Analysis

Nasional | limapagi.id | Jum'at, 21 Januari 2022 - 11:50
share

LIMAPAGI - Mabes Polri melalui Korps Lalu Lintas (Korlantas) mengusut penyebab terjadinya kecelakaan beruntun di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Peristiwa itu melibatkan satu unit truk tronton dengan beberapa kendaraan roda empat dan dua.

"Mabes Polri akan turunkan tim TAA ( Traffic Accident Analysis ) Korlantas Polri ke TKP (tempat kejadian perkara)," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Jumat, 21 Januari 2022.

Dedi menyampaikan, tim itu nantinya akan memastikan penyebab utama dari kecelakaan yang mengakibatkan lima orang meninggal dunia itu.

"Untuk back up proses pembuktian secara ilmiah penyebab kecelakaan menonjol tersebut yang mengakibatkan saat ini lima orang meninggal dunia dan 14 orang luka-luka," ujar Dedi.

Sejauh ini, kata Dedi, berdasarkan keterangan dari sopir truk tronton tersebut, kendaraan yang dikendarainya mengalami rem blong saat melintas di lampu merah Muara Rapak.

"Keterangan supir truk tronton pompa angin rem tidak berfungsi. Sehingga, menyebabkan terjadinya rem blong," ucap Dedi.

Pasca-kejadian itu, kepolisian saat ini mengevakuasi para korban dan kendaraan, berkoordinasi dengan BNPB, olah TKP, dan pendataan korban di rumah sakit.

Topik Menarik