Pola Lantai Tari Saman Lengkap Gerakan dan Penjelasannya

Pola Lantai Tari Saman Lengkap Gerakan dan Penjelasannya

Nasional | inewsid | Jum'at, 7 Januari 2022 - 10:21
share

JAKARTA, iNews.id - Setiap tarian memiliki pola lantai yang berbeda-beda, seperti di tari kecak, tari piring hingga tari saman. Namun, apakah kamu tahu pola lantai tari saman itu apa? Ini penjelasannya.

Dikutip dari buku \'Kreatif Tematik Panas dan Perpindahannya\' terbitan Penerbit Duta pola lantai adalah garis yang dilalui penari saat melakukan gerak tari. Pola lantai ini dilakukan baik oleh penari tunggal, berpasangan, atau penari kelompok.

Umumnya, pola lantai dalam tarian ada dua jenisnya, yakni pola lantai garis lurus dan lengkung. Lantas, pola lantai tari saman menggunakan yang mana ya?

Pola Lantai Tari Saman

Tari saman berasal dari daerah Aceh dan menggunakan pola lantai garis lurus. Pada pola lantai ini, penari berbaris membentuk garis lurus baik secara horizontal, vertikal, atau diagonal. Pada pola lantai horizontal, penari berbaris membentuk garis memanjang ke samping.

Pada pola lantai vertikal, penari berbaris membentuk garis lurus ke belakang. Pada pola lantai diagonal, penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.

Sementara itu, pola lantai garis lengkung dapat dibuat melengkung ke depan dan ke samping, ke belakang, menyerong, dan membentuk lingkaran. Semua pola lantai dibuat dalam tarian agar tercipta sebuah pertunjukan yang lebih indah dan memudahkan penari melakukan penguasaan panggung.

Setiap tarian memiliki keunikan gerak dan pola lantai. Hal ini menjadi salah satu kekayaan budaya yang mencerminkan kearifan lokal dalam kehidupan. Keunikan gerak dan pola lantai diciptakan sebagai ungkapan rasa syukur terhadap kemakmuran yang diberikan Tuhan dalam kehidupan.

Jadi, pola lantai tari saman adalah garis lurus ya!

Topik Menarik