Manakah di Negara Asean yang Memiliki Iklim Subtropis? Ini Jawabannya

Nasional | inewsid | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 12:52
Manakah di Negara Asean yang Memiliki Iklim Subtropis? Ini Jawabannya

JAKARTA, iNews.id - Ternyata ada negara di Asia Tenggara atau Asean yang memiliki iklim subtropis, lho. Manakah dari negara-negara Asean berikut yang memiliki iklim subtropis? Ini jawabannya.

Tercatat ada 11 negara yang berada di kawasan Asean, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, Vietnam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Timor Leste.

Lantas, manakah dari negara-negara Asean berikut yang memiliki iklim subtropis?

Dikutip dari buku 'Ilmu Pengetahuan Sosial' terbitan Grasindo, Myanmar memiliki iklim subtropis di bagian Utara negaranya. Hal ini karena Myanmar memiliki tiga iklim, yakni musim dingin, panas, dan hujan.

Iklim yang terbentuk akibat letak negara-negara Asean, khususnya Myanmar terbagi menjadi wilayah Myanmar di sekitar khatulistiwa yang dipengaruhi angin musim dengan suhu udara rata-rata sedang.

Kemudian, wilayah Myanmar bagian tengah suhu udara rata-rata tinggi. Terakhir karena wilayah Myanmar bagian Utara terdapat pegunungan tinggi, suhu udaranya dingin.

Jadi, manakah dari negara-negara Asean berikut yang memiliki iklim subtropis adalah Myanmar jawabannya.

Namun, Mengapa Sebagian Besar Negara-negara Asean Beriklim Tropis?

Melansir buku 'Ilmu Pengetahuan Sosial' terbitan Grasindo, lokasi negara-negara di Asean berada di antara benua Asia dan benua Australia. Akibatnya wilayah di Asean memiliki pola arah angin yang berganti setiap setengah tahun sekali.

Angin ini dinamakan dengan angin muson Timur dan angin muson Barat. Masing-masing menyebabkan terjadinya musim kemarau dan musim hujan di negara-negara Asean.

Jadi, sudah tahu kan jawaban manakah dari negara-negara Asean berikut yang memiliki iklim subtropis?

Artikel Asli