Wapres Dorong Kolaborasi Kaum Intelektual dan Ulama Kembangkan Keuangan Syariah

Wapres Dorong Kolaborasi Kaum Intelektual dan Ulama Kembangkan Keuangan Syariah

Muslim | IDX Channel | Selasa, 5 Desember 2023 - 18:01
share

IDXChannel - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma\'ruf Amin, mendorong terciptanya kolaborasi antara kaum intelektual dengan ulama dalam mengembangkan inovasi keuangan syariah.

Hal itu disampaikan Wapres saat menjadi Keynote Speech dalam acara Indonesia Sharia Economic Outlook (ISEO) 2024 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Depok, Selasa (5/12/2023).

"Dalam konteks pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, kemampuan berinovasi juga mesti dikuasi oleh ulama. Kesesuaian aktivitas ekonomi dan keuangan dengan syariat Islam sebagian besar ditentukan oleh ijtihad ulama," kata Ma\'ruf dalam pidatonya.

"Oleh sebab itu, saya mendorong kerja sama kaum intelektual dan ulama Indonesia, agar langkah dan strategi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional semakin inovatif dan terpadu," tambahnya.

Ma\'ruf menyebut hal tersebut sebagai upaya bangsa Indonesia menjadi pelopor dalam pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat global. "Sehingga bangsa kita menjadi pelopor dalam inovasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah nasional dan global," ujarnya.

Di sisi lain, dia menilai Indonesia berada di balik kemudi pengembangan ekonomi syariah global. Oleh karena itu, Ia mendorong agar institusi pendidikan tinggi harus mampu membaca peluang tersebut.

"Saya meyakini, sudah sewajarnya bagi Indonesia untuk berada di bangku kemudi dalam pengembangan ekonomi syariah global, dan menjadi model bagi terwujudnya Islam dan kemajuan. Oleh sebab itu, peluang yang mengemuka tidak boleh mengendap dan terlewat. Institusi pendidikan tinggi harus menjadi yang terdepan dalam membaca peluang ini," tuturnya.

Sebagai informasi, Wapres Ma\'ruf Amin turut didamping Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin dan Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro.

(FRI)