5 Pinjaman Online Syariah Langsung Cair: Buat Modal Usaha dan Konsumtif, Ini Daftarnya

5 Pinjaman Online Syariah Langsung Cair: Buat Modal Usaha dan Konsumtif, Ini Daftarnya

Muslim | IDX Channel | Selasa, 5 Desember 2023 - 11:51
share

IDXChannel Ada beberapa pinjaman online syariah langsung cair yang dapat menjadi alternatif sumber pembiayaan selain pinjol konvensional. Pinjol syariah legal diatur oleh Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Majelis Ulama Indonesia.

Operasionalnya diatur dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 117/DSN-MUI/II/2018 tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah. Sehingga, pinjol syariah terbebas dari unsur riba, gharar, maysir, tadlis, dharar, zulm, dan haram.

Dikutip dari Cermati (5/12), penyaluran pembiayaan yang diberikan pinjol syariah dilakukan dengan akad ijarah, akad musyakarah, akad mudharabah, akad qardh, dan akad wakalah.

Lantas, apa saja pinjaman online syariah langsung cair yang bisa dijadikan alternatif sumber pembiayaan? Simak daftarnya di bawah ini

Investree

Besaran pinjaman mulai dari Rp5 juta. Investree menyediakan pembiayaan dengan jaminan. Nilai tagihan maksimal bisa mencapai Rp2 miliar, peminjam bisa mendapatkan 80% dari nilai tagihan. Sedangkan tenornya mencapai 30-180 hari.

Syaratnya, peminjam harus berbentuk PT atau CV, sudah beroperasi minimal setahun, memiliki hubungan bisnis dengan perusahaan terkemuka, omzet minimal Rp2,5 miliar/tahun, melengkapi dokumen.

Dana Syariah

Dana Syariah menyediakan penghimpunan dana untuk pelaku usaha. Peminjam perlu mengajukan proposal di website Dana Syariah, tim akan melakukan verifikasi dan survei ke lokasi proyek atau tempat usaha.

Calon peminjam dan Dana Syariah akan meneken perjanjian awal. Penggalangan dana dilakukan selama sebulan lewat aplikasi, setelah dana terkumpul, akan dilanjutkan dengan penandatanganan akad syariah.

Al-Salaam Syariah

Pembiayaan Al-Salaam Syariah disediakan oleh BPRS Al-Salaam, dan termasuk salah satu pinjaman syariah yang bisa diambil untuk tujuan konsumtif. Besaran pinjaman mulai Rp15 juta dengan tenor pelunasan hingga lima tahun.

Besaran margin keuntungan yang diambil pihak Al-Salaam tergantung dari tenor yang dipilih peminjam, semakin lama maka semakin besar total cicilan yang harus dibayarkan. Untuk meminjam dana di pinjol ini, pengguna harus memenuhi persyaratan yang dapat dilihat di website resminya.

Ammana

Sama seperti Dana Syariah, Ammana juga menyediakan layanan penghimpunan dana untuk peminjam. Ammana juga memiliki sistem nondirect funding, artinya peminjam harus menjadi anggota dari mitra keuangan syariah mikro yang terdaftar di Ammana.

Ada dua metode pengajuan pinjaman, yakni secara langsung dan tidak langsung. Untuk metode langsung, pengguna harus menjadi anggota mitra Baitul Mal wa Tamwil atau Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah.

Sedangkan metode tidak langsung ditempuh dengan cara penghimpunan dana yang diasistensi oleh Ammana. Kedua metode pembiayaan ini sama-sama mengharuskan peminjam untuk menerima pendampingan dan pembinaan.

Sebelum penghimpunan dana, Ammana akan menyeleksi, menganalisa, dan mengecek langsung ke tempat usaha. Jika lolos, maka Ammana akan membantu membuatkan penghimpunan dana di marketplace Ammana.

Qazwa

Pinjaman online syariah yang disediakan PT Qazwa Mitra Hasanah berupa pembiayaan modal kerja dengan sistem rantai pasokan bisnis pelaku usaha (pemilik toko, pemasok, agen terverifikasi khusus). Qazwa menggunakan akad mudharabah dan murabahah.

Perlu diingat, pinjaman online baik konvensional ataupun syariah, tidak melulu ditujukan untuk tujuan konsumtif. Banyak di antaranya ditujukan untuk modal kerja, sehingga pelaku usaha kecil yang tidak terjangkau KUR dapat menggunakan pinjol syariah.

Itulah sederet pinjaman online syariah langsung cair yang bisa dijadikan alternatif sumber pembiayaan modal usaha. ( NKK )