Hukum Bacaan Qolqolah Kubro dan Contohnya di Alquran

Hukum Bacaan Qolqolah Kubro dan Contohnya di Alquran

Muslim | okezone | Senin, 6 November 2023 - 15:06
share

HUKUM bacaan qolqolah kubro. Qolqolah kubra adalah salah satu hukum bacaan Alquran yang mengharuskan pembacanya memantulkan huruf dengan kuat apabila mendapati huruf-huruf tertentu.

Hukum bacaan Alquran atau tajwid adalah salah satu ilmu penting dalam Islam. Ini lantaran dengan menguasai ilmu tajwid, seorang Muslim tidak akan salah membaca ayat Alquran. Kesalahan membaca ayat-ayat Alquran bisa menyebabkan perubahan makna.

Untuk lebih paham mengenai hukum bacaan qolqolah kubro, berikut adalah ulasannya beserta contoh bacaannya dalam Alquran.

Info grafis keistimewaan membaca Alquran. (Foto: Okezone)

Hukum Bacaan Qolqolah Kubro

Kata qolqolah menurut bahasa berarti bergerak dan memantul. Sementara secara istilah, qolqolah adalah bergeraknya lidah dan mulut ketika mengucapkan huruf sukun (mati) sehingga terdengar getaran yang kuat.

Sebagaimana telah Okezone himpun, qolqolah merupakan bunyi huruf yang goyang jika ia mati atau mati ketika dihentikan.

Saat membaca huruf mati tersebut, bunyi tidak terus menghilang tetapi masih terdengar perlahan-lahan.

Terdapat lima huruf qolqolah dalam huruf-huruf hijaiyah seperti ba (), jim (), dal (), ta (), dan qaf ().

Biasanya untuk lebih mudah mengingat, kelima huruf tersebut disingkat menjadi baju di toko atau jaddi qathbu.

Qolqolah kubro disebut juga qalqalah kabirah atau wasat al-qalqalah yang berarti besar. Hukum bacaan qolqolah kubro berlaku karena terdapat huruf qolqolah yang diwakafkan atau sukun \'arid (sukun tidak asli).

Bunyi bacaan qolqolah kubro lebih kuat pantulannya dibandingkan qolqolah sugra. Berdasarkan letaknya, qolqolah sugra berlaku di tengah kalimat, sementara qolqolah kubra berlaku jika huruf qalqalah mati di akhir kalimat.