Hukum Tajwid Surat At-Takwir Ayat 1-10

Hukum Tajwid Surat At-Takwir Ayat 1-10

Muslim | okezone | Rabu, 1 November 2023 - 10:01
share

HUKUM tajwid Surat At-Takwir Ayat 110. At-Takwir merupakan surat ke-81 dalam kitab suci Alquran. At-Takwir memiliki arti Menggulung yang menjadi kata dasar "kuwwirat" pada ayat pertama surat ini.

Dilansir dari Quran Kemenag, berikut ini bacaan lengkap Surat At-Takwir Ayat 110 dan terjemahannya:

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)

"Apabila matahari digulung, apabila bintang-bintang berjatuhan, apabila gunung-gunung dihancurkan, apabila unta-unta yang bunting ditinggalkan (tidak terurus), apabila binatang-binatang liar dikumpulkan, apabila lautan dipanaskan, apabila roh-roh dipertemukan (dengan tubuh), apabila bayi-bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup ditanya, \'Karena dosa apa dia dibunuh,\' apabila lembaran-lembaran (catatan amal) telah dibuka lebar-lebar."

Info grafis keistimewaan membaca Alquran. (Foto: Okezone)

Hukum Tajwid Surat At-Takwir Ayat 110

1. : Terdapat 2 hukum bacaan. Yang pertama Alif lam Syamsiah, karena ada alif lam bertemu dengan syim. Yang kedua idzhar syafawi, karena mim sukun bertemu dengan syim. Dibaca dengan jelas.

2. : Ta sukun pada bacaan ini wajib dibaca hams

3. : Terdapat 3 hukum bacaan. Yang pertama Alif lam Syamsiah, karena ada alif lam bertemu dengan nun. Yang kedua gunnah karena nun berstasydid. Dibaca 2 harakat. Yang ketiga adalah mad thobiI, karena setelah huruf jim dhommah ada wau sukun. Membacanya panjang 2 harakat.

4. : Terdapat 2 hukum bacaan. Yang pertama ikhfa, karena nun mati bertemu dengan kaf, dibaca dengan samar. Yang kedua ta sukun yang dibaca hams

5. : Terdapat 2 hukum bacaan. Yang pertama Hukumnya alif lam qomariah, karena ada huruf alif lam bertemu dengan huruf lam (huruf hidup). Cara membacanya harus terang dan jelas. Yang kedua mad thobiI, karena setelah huruf ba fathah ada alif tidak terbaca. Membacanya panjang 2 harakat.