Kapan Dzikir Pagi dan Petang Sebaiknya Dibaca?

Kapan Dzikir Pagi dan Petang Sebaiknya Dibaca?

Muslim | okezone | Sabtu, 14 Oktober 2023 - 08:37
share

KAPAN dzikir pagi dan petang sebaiknya dibaca? Hal ini ternyata banyak ditanyakan, apalagi dzikir merupakan salah satu amalan yang paling mudah untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dzikir Sambil Main HP, Ini Hukumnya Menurut Syariat Islam

Amalan ini menjadi salah satu cara bagi umat Muslim agar senantiasa mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bahkan, terdapat dzikir khusus yang dianjurkan dibaca pada waktu tertentu, yakni pagi dan petang.

Lantas, kapan tepatnya dzikir pagi dan petang sebaiknya dibaca? Berikut informasinya dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (14/10/2023).

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa anjuran untuk mengamalkan dzikir pagi dan petang telah tertuang dalam kitab suci Alquran surat Ar-Rum ayat 17 yang berbunyi;

Maka, bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di sore hari dan waktu kamu berada di waktu pagi hari. (QS. Ar-Rum: 17)

Dalam pelaksanaannya, waktu terbaik untuk membaca dzikir pagi adalah mulai dari waktu shalat subuh hingga terbitnya matahari. Sementara waktu terbaik untuk membaca dzikir petang adalah dari waktu shalat ashar hingga terbenamnya matahari.