Tafsir Surat Al Kahfi Ayat 1-10 dan Artinya

Tafsir Surat Al Kahfi Ayat 1-10 dan Artinya

Muslim | okezone | Minggu, 15 Oktober 2023 - 11:15
share

TAFSIR Surat Al Kahfi Ayat 110 dan artinya dibahas lengkap di sini. Diketahui bahwa setiap surat di kitab suci Alquran memiliki keutamaan yang luar biasa besar.

Surat Al Kahfi sendiri terdiri dari 110 ayat. Berisi kisah sekelompok pemuda yang tertidur di dalam sebuah gua selama 309 tahun.

Menghafal 10 ayat pertama Surat Al Kahfi dapat melindungi diri dari fitnah Dajjal. Hal ini sesuai hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

"Barang siapa yang hafal 10 ayat dari permulaan Surat Al Kahfi, dipelihara dari fitnah Dajjal." (HR Imam Muslim)

Berikut ini tafsir Surat Al Kahfi Ayat 110, sebagaimana dilansir tafsir Qur\'an Kemenag:

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Ayat 1

Terjemahan: Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Kitab Suci (Al-Quran) kepada hamba-Nya dan Dia tidak membuat padanya sedikit pun kebengkokan.

Tafsir: Dalam ayat ini Allah Subhanahu wa Ta\'ala memuji diri-Nya, sebab Dialah yang menurunkan kitab suci Alquran kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sebagai pedoman hidup yang jelas. Melalui Alquran, Allah Ta\'ala memberi petunjuk kepada kebenaran dan jalan yang lurus. Ayat Alquran saling membenarkan dan mengukuhkan ayat-ayat lainnya, sehingga tidak menimbulkan keragu-raguan. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang menerima amanat-Nya menyampaikan Alquran kepada umat manusia, disebut dalam ayat ini dengan kata "hamba-Nya" untuk menunjukkan kehormatan yang besar kepadanya, sebesar amanat yang dibebankan ke pundaknya.

Ayat 2

Terjemahan: (Dia menjadikannya kitab) yang lurus agar Dia memberi peringatan akan siksa yang sangat pedih dari sisi-Nya dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan bahwa mereka akan mendapat balasan yang baik.

Tafsir: Allah Subhanahu wa Ta\'ala menerangkan bahwa Alquran itu lurus, yang berarti tidak cenderung untuk berlebih-lebihan dalam memuat peraturan-peraturan, sehingga memberatkan para hamba-Nya. Tetapi juga tidak terlalu singkat sehingga manusia memerlukan kitab yang lain untuk menetapkan peraturan-peraturan hidupnya. Alquran diturunkan kepada Muhammad Shallallahu alaihi wassallam agar beliau memperingatkan orang-orang kafir akan azab yang besar dari Allah, karena keingkaran mereka kepada Alquran. Juga memberikan kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal salih bahwa mereka akan memperoleh pahala yang besar dari-Nya, karena keimanan mereka kepada Allah dan Rasul-Nya, serta amal kebajikan yang mereka lakukan selama hidup di dunia.

Ayat 3

Terjemahan: Mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya.

Tafsir: Pahala yang besar itu tidak lain adalah surga yang mereka tempati untuk selama-lamanya, mereka tidak akan pindah atau dipindahkan dari surga itu, sesuai dengan janji Allah Subhanahu wa Ta\'ala kepada mereka. Firman Allah Ta\'ala:

"Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu disebabkan amal perbuatan yang telah kamu kerjakan." (QS Az-Zukhruf (43): 72)

Ayat 4

Terjemahan: (Dia menurunkan Alquran itu) juga agar Dia memberi peringatan kepada orang-orang yang berkata, "Allah mengangkat seorang anak."

Tafsir: Dalam ayat ini Allah Subhanahu wa Ta\'ala kembali menyebutkan tugas Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam untuk memberikan peringatan kepada kaum kafir, karena kekufuran mereka dipandang perkara besar oleh Allah Ta\'ala, terutama orang-orang kafir yang mengatakan Allah Ta\'ala itu mempunyai anak. Mereka itu terbagi menjadi tiga golongan, yaitu: pertama, golongan musyrikin Makkah (Arab) yang mengatakan bahwa malaikat-malaikat itu putri Tuhan; kedua, golongan orang Yahudi yang mengatakan bahwa Uzair putra Tuhan; dan ketiga, golongan orang Nasrani yang mengatakan bahwa Isa putra Tuhan. Alquran diturunkan ke dunia untuk mengembalikan kepercayaan umat manusia kepada tauhid yang murni. Banyak ayat-ayat yang mengancam berbagai kepercayaan kepada selain Allah Ta\'ala yang dianggap sebagai keyakinan yang sangat keliru. Firman Allah Ta\'ala:

"Dan orang-orang Yahudi berkata, \'Uzair putra Allah,\' dan orang-orang Nasrani berkata, \'Al-Masih putra Allah.\' Itulah ucapan yang keluar dari mulut mereka. Mereka meniru ucapan orang-orang kafir yang terdahulu. Allah melaknat mereka; bagaimana mereka sampai berpaling?" (QS At-Taubah (9): 30)

Ayat 5

Terjemahan: Mereka sama sekali tidak mempunyai pengetahuan tentang (hal) itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah besar (dosa) perkataan yang keluar dari mulut mereka. Mereka hanya mengatakan (sesuatu) kebohongan belaka.

Tafsir: Mereka sama sekali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, yakni apa yang mereka ucapkan bahwa Allah Subhanahu wa Ta\'ala mempunyai anak, begitu pula nenek moyang mereka, yang menjadi panutan mereka tidak mempunyai pengetahuan tentang apa yang mereka ucapkan. Alangkah jeleknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka, itulah kata-kata yang menyatakan kekufuran dan mereka dengan ucapannya itu tidak lain hanya mengatakan kebohongan belaka. Tidak ada dasar sedikit pun dan tidak ada alasan yang membenarkan apa yang diucapkannya.