Pedagang Hewan Kurban di Semarang Banjir Order Jelang Idul Adha

Pedagang Hewan Kurban di Semarang Banjir Order Jelang Idul Adha

Muslim | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 13:15
share

SEMARANG, iNews.id Sejumlah pedagang hewan kurban di Kabupaten Semarang panen rezeki menjelang Idul Adha. Omzet penjualan naik besar seiring peningkatan permintaan.

Bahkan ada pedagang yang sampai kebanjiran order. Mereka harus bekerja ekstra keras agar bisa memenuhi permintaan konsumen.

Sudah banyak yang pesan hewan kurban. Ada yang pesan sapi, ada juga yang pesan kambing, kata Amin (55) pedagang di Pasar Hewan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Kamis (8/6/2023).

Menurutnya, menjelang Idul Adha harga hewan sapi dan kambing naik. Itu sudah menjadi hal lazim lantaran permintaan konsumen meningkat.

Saat ini, Amin menjual kambing dengan harga mulai Rp1,5 juta hingga Rp4 juta. Harga kambing ditentukan dari umur, kualitas dan besarnya. Begitu pula dengan harga sapi, juga ditentukan dari umur sapi, kualitas dan beratnya.

Kalau sapi, saya jual rata-rata di atas Rp20 juta. per ekor. Ada yang Rp25 juta, ada juga yang Rp27 juta, ujarnya.

Meskipun permintaan sapi meningkat, bukan berarti pedagang bisa menjual hewan kurban seenaknya sendiri. Pedagang tetap memperhatikan kondisi kesehatan sapi yang hendak dijual. Sebab, kalau sapi dalam kondisi sakit tidak laku dijual.

Sekarang pembeli tidak asal beli. Walaupun sapi yang dibeli hendak disembelih untuk korban, tapi mereka tidak mau membeli sapi sakit, ucapnya.