Pemerintah Kaji Tanda Pengenal Berbasis GPS Mudahkan Pencarian Jemaah Tersesat

Pemerintah Kaji Tanda Pengenal Berbasis GPS Mudahkan Pencarian Jemaah Tersesat

Muslim | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 10:11
share

AKURAT.CO, MAKKAH - Pemerintah tengah mencoba penggunaan tanda pengenal berbasis teknologi seperti Global Positioning System (GPS) untuk jemaah haji Indonesia khususnya lanjut usia (lansia) sehingga memudahkan pencarian jika tersesat atau terpisah dari rombongan.

"Termasuk tanda bagi lansia, saya kira belum memadai dan representatif, sudah waktunya diberi penanda-penanda berbasis TI (teknologi informasi)," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy saat meninjau Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah di Madinah, Sabtu (3/6/2023).

Mantan Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu mengatakan dari sisi petugas haji sudah cukup baik dengan dibentuk posko terpadu seperti penanganan saat mudik Lebaran. "Di situ ada TNI, Polri, tenaga kesehatan, pembimbing dari Kementerian Agama, ada wartawan, ini penting," katanya lagi.

Jemaah haji Indonesia banyak tersasar di sekitar Masjid Nabawi, Madinah terutama usai salah Jumat (28/5/2023). Kebanyakan jemaah tersesat karena tidak menghapal pintu masuk Masjid Nabawi dan tidak menghapal hotel lokasi menginap jemaah.

Begitu halnya di Masjidil Haram, Makkah, banyak jemaah haji tersasar karena lupa pintu masuk dan keluar, sehingga kesulitan ke hotel.

Kementerian Agama (Kemenag) pada tahun ini memperkenalkan kartu merah putih yang digunakan jemaah haji. Kartu merah putih berisikan barcode yang bisa di-scan oleh aplikasi Haji Pintar petugas. Barcode tersebut berisi nama lengkap, asal jemaat, alamat hotel, sektor tinggal hingga nomor kontak ketua rombongan dan kloter.[]