42 Calon Jemaah Haji Kota Jogja Mengundurkan Diri

42 Calon Jemaah Haji Kota Jogja Mengundurkan Diri

Muslim | BuddyKu | Jum'at, 2 Juni 2023 - 09:35
share

RADAR JOGJA Sebanyak 42 calon jemaah haji di Kota Jogja mengundurkan diri. Mereka tidak melakukan pelunasan pembayaran, dengan alasannya beragam. Ada yang karena faktor ekonomi, karena nilainya sekarang lebih besar. Ada yang sakit, meninggal dunia, atau tidak diizinkan keluarga karena sepuh, ujar Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Jogja Muhammad Tahrir, kemarin (1/6).

Kuota 42 orang tersebut langsung diisi oleh calon jemaah haji lainnya. Kuota diisi oleh antrean sesuai dengan urutan antrean. Sehingga keberangkatan calon haji Kota Jogja tetap 353 orang.Pemberangkatannya 8 Juni. Masuk gelombang kedua. Berangkat dari Balai Kota Jogja menuju Asrama Haji Donohudan sekitar pukul 16.00, jelasnya.

Pemberangkatan haji tahun ini di Kota Jogja diketahui lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2022 jemaah haji yang berangkat berjumlah 155 orang. Sedangkan bimbingan manasik sebelumnya sudah diselenggarakan mulai 15-28 Mei.

Calon jemaah haji tertua dari Kota Jogja bernama Mitro Hartono dengan usia 93 tahun. Dia berasal dari Kemantren Gondokusuman, Kota Jogja.Mitro mengaku lega dan bahagia masih diberi usia panjang. Sehingga dapat memiliki kesempatan untuk berangkat haji tahun ini.Di usia yang sudah bertambah ini saya hanya berharap saat di perjalanan nanti, semua diberikan kesehatan dan kelancaran. Sehingga pulang menjadi haji yang amanah dan mabrur, harapnya. (lan/din)