6 Keutamaan Surat Al Kahfi Ayat 1-10 yang Dibaca di Hari Jumat Dalam Hadits

6 Keutamaan Surat Al Kahfi Ayat 1-10 yang Dibaca di Hari Jumat Dalam Hadits

Muslim | BuddyKu | Jum'at, 2 Juni 2023 - 09:09
share

JAKARTA, iNews.id - Keutamaan Surat Al Kahfi ayat 1-10 yang dibaca di hari Jumat disebutkan dalam sejumlah hadits.

Dalil membaca Surat Al Kahfi 10 ayat pertama di hari Jumat yakni hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Darda bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

: .

Artinya: Dari Abu Darda, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Barang siapa yang membaca 10 ayat terakhir dari surat Al-Kahfi, terpeliharalah ia dari fitnah Dajjal. (HR. Imam Muslim).

Dalam hadits lainnya yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

:

Artinya: Dari Abu Darda mengatakan bahwa Nabi Saw telah bersabda: Barang siapa yang hafal 10 ayat dari permulaan surat Al-Kahfi, dipelihara dari fitnah Dajjal. (HR Imam Bukhari dan Muslim).

Dikutip dari Tafsir Ibnu Katsir, keutamaan Surat Al-Kahfi dan 10 ayat pertama serta 10 ayat terakhirnya, bahwa ayat-ayat tersebut merupakan tameng yang melindungi pembacanya dari fitnah Dajjal.

Menurut Imam nawawi, di awal surat tersebut terdapat ayat-ayat yang menakjubkan. Siapa yang mau merenungkannya, niscaya ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.

Keutamaan Surat Al Kahfi Ayat 1-10

1. Dijaga dari Fitnah Dajjal

Keutamaan membaca Surat Al Kahfi ayat 1 sampai 10 sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi yakni dijaga dari fitnah Dajjal.

Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Darda bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

: .

Artinya: Dari Abu Darda, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Barang siapa yang membaca sepuluh ayat terakhir dari surat Al-Kahfi, terpeliharalah ia dari fitnah Dajjal. (HR. Imam Muslim).

Dalam hadits lainnya yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

:

Artinya: Dari Abu Darda mengatakan bahwa Nabi Sawtelah bersabda: Barang siapa yang hafal sepuluh ayat dari permulaan surat Al-Kahfi, dipelihara dari fitnah Dajjal. (HR Imam Bukhari dan Muslim).

2. Muncul Cahaya dari Kepala hingga Kaki

Keutamaan membaca Surat Al kahfi ayat 1 sampai 10 berikutnya yakni akan memancarkan cahaya bagi pengamalnya dari ujung kepala hingga kaki.

:

Artinya: Dari Sahl ibnu Mu\'az ibnu Anas Al-Juhani, dari ayahnya, dari Rasulullah Saw., bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barang siapa yang membaca permulaan surat Al-Kahfi dan akhirnya, maka surat Al-Kahfi menjadi cahaya baginya dari telapak kaki hingga kepalanya. Dan barang siapa yang membacanya secara keseluruhan, maka surat Al-Kahfi menjadi cahaya baginya antara langit dan bumi. (HR. Imam Ahmad).

3. Dinaungi Awan

Keutamaan membaca Surat Al Kahfi ayat 1 sampai 10 di hari Jumat selanjutnya akan dinaungi awan.

: : -: - : .

Artinya: Dari Abu Ishaq yang mengatakan, ia pernah mendengar Al-Barra mengatakan bahwa pernah ada seorang lelaki membaca surat Al-Kahfi di dalam rumahnya, sedangkan di halamannya terdapat hewan kendaraannya. Maka hewan kendaraan itu larat, lalu ia melihat-lihat dan ternyata ada kabut atau awan yang menutupi dirinya. Kemudian ia menceritakan pengalamannya itu kepada Nabi Saw. Maka Nabi Saw. bersabda: Bacalah terus, hai Fulan, sesungguhnya awan itu adalah sakinah (ketenangan) yang turun saat kamu membaca Al-Quran, atau turun kepada Al-Qur\'an. (HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim).

4. Diampuni Dosa di Antara 2 Jumat

Keutamaan membaca Surat Al Kahfi pada permulaan ayatnya di hari Jumat akan diampuni dosanya hingga jumat berikutnya.
Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:

: :

Artinya: Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat.

Maksud hadits tersebut, orang yang menjaga 10 ayat dari permulaan surah al-Kahfi, dengan menghafalnya di luar kepala. Demikian penafsiran sebagian ulama. Maksud dijaga dari godaan Dajjal, ia tidak akan meninggalkan agamanya dengan menjadi pengikut Dajjal.

Sebagian ulama mengatakan, apabila orang yang menjaga 10 ayat tersebut, dijaga dari godaan Dajjal, sudah barang tentu akan lebih dijaga dari godaan yang lebih kecil daripada godaan Dajjal.

5. Jadi Cahaya di hari Kiamat

Keutamaan membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat selaanjutnya akan menjadi cahaya di hari kiamat.

Artinya: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi sebagaimana ia diturunkan, maka surat Al-Kahfi akan menjadi cahaya baginya kelak di hari kiamat. (HR. Imam Baihaqi)

6. Dipelihara 8 Hari dari Fitnah

Keutamaan membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat akan dipelihara 8 hari dari fitnah.

Di dalam kitab Al-Mukhtarah karya Al-Hafiz Ad-Diyaul Maqdisi disebutkan dari Abdullah ibnu Mus\'ab bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

Artinya:Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka ia dipelihara selama delapan hari dari segala fitnah; dan jika Dajjal keluar, maka ia dipelihara dari fitnahnya.

Itulah keutamaan Surat Al kahfi ayat 1-10 yang dianjurkan dibaca pada hari Jumat sesuai hadits Nabi.

Wallahu A\'lam

Wallahu A\'lam Bissawab.