Loading...
Loading…
Catat! Ini Cara Bayar Fidyah Puasa Menggunakan Beras

Catat! Ini Cara Bayar Fidyah Puasa Menggunakan Beras

Muslim | okezone | Selasa, 15 Februari 2022 - 11:11

CARA bayar fidyah puasa perlu diketahui setiap Muslim. Sebab, membayar fidyah hukumnya wajib bagi beberapa orang yang telah dikhususkan oleh Islam. Membayar fidyah dapat dilakukan dengan beras maupun uang.

Fidyah atau "fadaa" dalam bahasa Arab artinya mengganti atau menebus. Penebusan atau penggantian ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang tidak mampu menjalankan kewajiban puasa Ramadhan dan diperbolehkan tidak menggantinya di lain waktu.

Hal ini terkandung dalam Surat Al Baqarah Ayat 184:

"(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS Al Baqarah: 184)

Lalu, bagaimana cara bayar fidyah puasa menggunakan beras? Berikut penjelasan lengkapnya.

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya baca dulu kriteria orang-orang yang wajib membayar fidyah:

1. Orang yang sudah tua renta sehingga tidak memungkinkan melaksanakan ibadah puasa.

2. Orang yang tengah mengalami sakit parah.

3. Seorang wanita hamil dan wanita yang tengah menyusui dengan kondisi tertentu dan atas saran dokter tidak diwajibkan untuk berpuasa.

Original Source