Loading...
Loading…
7 Keutamaan Sholat Sunnah yang Jarang Diketahui

7 Keutamaan Sholat Sunnah yang Jarang Diketahui

Muslim | sindonews | Kamis, 20 Januari 2022 - 22:53

Alangkah beruntungnya seorang muslim yang senantiasa istiqamah menjalankan ibadah sholat sunnah. Namun, tidak semua orang bisa istiqamah mengerjakan sholat sunnah kecuali orang-orang yang hatinya diridhai dan dibimbing oleh Allah.

Dai yang juga pengajar Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Muhammad Ajib Lc dalam bukunya "33 Macam Jenis Shalat Sunnah" menerangkan beberapa keutamaan ibadah sholat sunnah. Dengan mengetahui keutamaan sholat sunnah, mudah-mudahan kita menjadi semangat dan tergerak hatinya untuk mengerjakannya secara konsisten.

Imam an-Nawawi rahimahullah (wafat 676 H) dalam kitabnya menasehati kita semua. Sudah semestinya bagi setiap orang menjaga dan memperbanyak sholat-sholat sunnah. Ketika kita merasa diri kita malas atau enggan melaksanakan shalat sunnah maka ingatlah selalu nasehat dari Imam an-Nawawi di atas.

Berikut 7 keutamaan sholat sunnah yang disebutkan oleh para ulama.

1. Menutupi Kekurangan Dalam Shalat Fardhu

Sholat fardhu 5 waktu yang kita kerjakan sehari semalam bisa jadi ada beberapa hal yang kurang sempurna. Misalnya kurang khusyu' dan banyak hal-hal kesunnahan dalam sholat yang tertinggal.Untuk menutupi kekurangan itu kita dianjurkan mengerjakan sholat sunnah Rawatib. Imam ar-Ramli rahimahullah (wafat 1004 H) seorang ulama besar Mazhab Syafii menyebutkan sebagai berikut: " Sholat rawatib adalah sholat sunnah yang mengiringi sholat fardhu. Hikmahnya adalah bahwa shalat Rrawatib ini bisa menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada sholat fardhu seperti tidak khusyu' dan tidak mentadabburi ketika membaca ayat Al-Qur'an ."

Baca Juga :
Alasan Mengapa Kita Dianjurkan Perbanyak Sholat Sunnah

2. Ibadah Sunnah Paling Afdhal

Disebutkan bahwa sholat merupakan ibadah badaniyah yang paling afdhal atau paling utama untuk kita kerjakan. Bahkan ibadah shalat lebih afdhal dari pada ibadah puasa. Imam Ibnu Hajar al-Haitami rahimahullah (wafat 974 H) seorang ulama yang bermazhab Syafi'i mengatakan: " Ibadah badaniyah yang paling afdhal setelah Syahadat adalah sholat. Sholat fardhu itu lebih afdhal dari ibadah fardhu lainnya dan sholat sunnah itu lebih afdhal dari pada ibadah sunnah lainnya ."

3. Bisa Menemani Baginda Nabi di Surga

Setiap muslim tentu ingin masuk surga bersama baginda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Salah satu caranya yaitu dengan memperbanyak sujud kepada Allah. Dari Rabi'ah bin Kaab al-Aslamiy radhiyallahu anhu dia berkata: " Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata kepadaku, wahai Rabiah mintalah sesuatu. Maka aku jawab: Aku ingin bisa menemanimu di surga wahai nabi. Lalu nabi bertanya: ada yang lain tidak? Aku menjawab: tidak ada. Lalu Nabi bersabda: "Kalau begitu bantulah aku untuk bisa menolongmu dengan memperbanyak sujud ". (HR Muslim)

Baca Juga :
Sholat Sunah Qabliyah Subuh, 10 Fikih dan Keutamaanya

4. Dosanya Berguguran Ketika Rukuk dan Sujud

Ketika kita sedang sholat baik itu shalat fardhu maupun sholat sunnah ternyata dosa-dosa kita semuanya rontok alias berguguran. Hal ini disabdakan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dalam hadits shahih berikut:" Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhuma dia pernah melihat seorang laki-laki sedang shalat dan memperpanjang shalatnya. Lalu Ibnu Umar berkata? Siapa laki-laki ini? Seandainya aku mengenali dirinya maka akan aku perintahkan dia untuk memperlama rukuk dan sujudnya. Sebab aku pernah mendengar Nabi bersabda: "Sesungguhnya seorang hamba jika sedang shalat didatangkan semua dosa-dosanya dan diletakkan di atas kepalanya atau pundaknya, lalu ketika dia rukuk atau sujud maka dosa-dosa itu berguguran dari dirinya ." (HR Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi)

5. Dicintai Oleh Allah Ta'ala

Orang yang rajin ibadah shalat sunnah maka dia termasuk hamba Allah yang sangat dicintai-Nya. Bahkan Allah menganggapnya sebagai Wali. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu dia berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda: " Sesungguhnya Allah berfirman: Siapa yang memusuhi wali-Ku maka akan Aku perangi. Tidaklah seorang hamba bertaqarrub kepadaku itu lebih Aku sukai dari apa yang aku wajibkan padanya. Dan seorang hamba senantiasa bertaqarrub kepadaku dengan amalan sunnah sampai Aku mencintainya". Jika Aku mencintainya maka Aku akan menjadi pendengarannya ketika dia mendengar, Aku akan menjadi penglihatannya ketika dia melihat, Aku akan menjadi tangannya ketika dia memukul, Aku akan menjadi kakinya ketika dia berjalan. Jika dia meminta kepadaku maka sungguh akan Aku beri dia, jika dia minta perlindungan maka sungguh akan Aku lindungi dia ." (HR Al-Bukhari)

6. Doanya Mustajab

Setiap orang tentu punya hajat, punya keinginan dan punya cita-cita. Kita berdoa kepada Allah supaya keinginan kita itu dikabulkan-Nya. Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha dia berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: " Sesungguhnya Allah berfirman: Siapa yang menghina wali-Ku maka akan Aku perangi. Tidaklah seorang hamba bertaqarrub kepadaku dengan apa yang aku wajibkan padanya. Dan seorang hamba senantiasa bertaqarrub kepadaku dengan amalan sunnah sampai Aku mencintainya. Jika dia meminta kepadaku maka akan Aku beri, jika dia berdoa kepadaku maka akan Aku kabulkan ." (HR. Ahmad)

Baca Juga :
Keutamaan Sholat Sunah Qabliyah Asar, Allah Ta`ala Akan Melimpahkan RahmatNya

7. Derajatnya Diangkat di Sisi Allah

Di antara keutamaan orang yang senantiasa menjalankan sholat sunnah adalah derajatnya diangkat di sisi Allah. Hal ini berdasarkan sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim di bawah ini:Dari Ma'dan bin Abi Thalhah al-Yamariy radhiyallahu 'anhu dia berkata: "Aku bertemu dengan pembantu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, lalu aku bertanya: Beri tahu aku amalan apa yang paling disukai Allah dan bisa memasukkanku ke dalam surga? Dia hanya diam tidak menjawab sampai 3 kali. Lalu tiba-tiba menjawab: Aku pernah bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tentang hal itu. Beliau bersabda: " Perbanyaklah sujud kepada Allah, Sesungguhnya jika engkau sujud satu kali saja maka Allah akan mengangkat derajatmu dan Allah akan menghapus kesalahanmu ." (HR Muslim)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{