Cegah Listrik Padam Akibat Petir, PLN Purwodadi Pasang Alat Khusus

Cegah Listrik Padam Akibat Petir, PLN Purwodadi Pasang Alat Khusus

Terkini | muria.inews.id | Kamis, 28 Maret 2024 - 15:10
share

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Hujan lebat disertai petir yang mengguyur Kabupaten Grobogan selama beberapa menit menyebabkan aliran listrik padam di sejumlah lokasi, pada Rabu (27/3/2024) malam.

Kondisi tersebut disampaikan warga di grup WhatsApp Siaga Bencana Grobogan dan Info Seputar Grobogan. Lokasi aliran listrik yang padam antara lain disebutkan di Jl Gajah Mada, Danyang, Getasrejo, Putat, dan Tawangharjo.

Menanggapi hal itu PLN Purwodadi kemudian melakukan pelacakan dan pemulihan sehingga secara bertahap sejumlah lokasi yang semula aliran listriknya padam bisa kembali normal atau menyala.

Tak hanya itu, PT PLN (Persero) ULP Purwodadi melakukan upaya antisipasi sambaran petir penyebab padamnya aliran listrik dengan memasang peralatan khusus pada tiang listrik.

Pemasangan peralatan khusus dilakukan pada Kamis (28/3/2024) di sejumlah lokasi di Kecamatan Purwodadi yang terdampak sambaran petir dan menyebabkan aliran listrik padam.

Manajer PT PLN (Persero) ULP Purwodadi, Mahardika Ferry melalui Tim Leader Teknik PLN ULP Purwodadi Diwang Pamungkas mengatakan, alat yang dipasang adalah CLD atau Current Limiting Device.


Alat CLD untuk menangkal sambaran petir yang dipasang di tiang listrik oleh PT PLN Purwodadi, Kamis (28/3/2024). (Istimewa)

Alat tersebut lanjutnya berfungsi untuk menangkal sambaran petir pada jaringan listrik PLN. Sehingga ketika ada sambaran petir tidak menimbulkan gangguan.

Petir akan mencari bagian terlemah pada jaringan listrik sehingga dengan alat tersebut sambaran petir bisa diserap, sehingga tidak menyebabkan aliran listrik padam, jelas Diwang.

Untuk pemasangan, sambungnya, di setiap jalur sesuai standar yakni di tiga titik. Di mana untuk satu tiang dipasang tiga unit CLD. Pada Kamis dipasang di Jl Gajah Mada, Ngurangan dan Danyang.

Tiga lokasi tersebut merupakan rawan petir berdasar pemetaan yang dilakukan PLN Purwodadi, katanya.

Pemasangan CLD dilakukan tim khusus PDKB yakni Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan dari PLN. Di mana saat melakukan pemasangan aliran listrik tetap menyala.

Sehingga saat pemasangan alat CLD tidak dilakukan pemadaman aliran listrik, sehingga masyarakat tidak terganggu, tambahnya. (*)

Topik Menarik