Cucu Pendiri NU Merespons Dorongan Para Kiai Kampung Agar Gus Salman Maju Pilkada Jombang

Cucu Pendiri NU Merespons Dorongan Para Kiai Kampung Agar Gus Salman Maju Pilkada Jombang

Terkini | mojokerto.inews.id | Sabtu, 4 Mei 2024 - 10:01
share

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - KH. Abdusalam Sohib atau Gus Salam, cucu KH Bisri Syansuri pendiri Nahdlatul Ulama Merespons dukungan para kiai kampung terhadap mantan ketua PCNU Jombang KH. Salmanudin Yazid (Gus Salman) agar maju pilkada Jombang.

Gus Salam sebelumnya didatangi puluhan ustaz, tokoh agama atau kiai kampung dari 13 Kecamatan di Jombang, Jawa Timur untuk menyerahkan hasil petisi dukungan kepada Gus Salman agar dapat maju pada Pilbup November mendatang.

Para kiai kampung tersebut memahami, jika Gus Salman yang merupakan pengasuh pesantren Babussalam Kalibening Mojoagung tidak akan bersedia maju Pilkada jika tidak didorong oleh para Kiai, terutama para Kiai Sepuh.

"Nanti Saya akan mencoba berkomunikasi dengan beberapa partai, terutama PKB, karena saya dianggap punya kedekatan dengan PKB. Karena yang bisa mengusung dalam Pilkada kan memang partai. Selain itu, saya juga akan mencoba berkomunikasi dengan para Kiai Sepuh, agar berkenan mendorong Gus Salman, mau maju dalam Pilkada 2024. Karena saya tahu betul, jika beliau tidak didorong para Kiai Sepuh, tidak akan mau maju," kata Gus Salam, Jumat (3/5/2024).

Pengasuh pondok Pesantren Mambaul Ma'arif, tersebut mengakui bahwa kapasitas Gus Salman sebagai seorang pemimpin sudah teruji, terutama selama berada di organisasi Nahdlatul Ulama (NU) baik sebagai ketua LP Ma'arif maupun sebagai ketua PCNU selama 1 periode.

Bahkan, Gus Salam mengakui secara langsung dirinya mengenal baik kemampuan Gus Salman sebagai seorang pemimpin yang mempunyai visi dan juga mampu merangkul semua pihak.

"Beliau (Gus Salman) selama menjadi pemimpin, saya kenal mempunyai visi yang jelas dan mampu merangkul semua kalangan. Baik dari kalangan NU sendiri, maupun di luar NU. Artinya, secara kepemimpinan sudah teruji," ujarnya.

Bahkan, Gus Salam juga memuji akhlak Gus Salman yang tidak pernah haus kekuasaan untuk menjadi seorang pemimpin. Ia pun mencontohkan saat Gus Salman didorong menjadi ketua PCNU masa khidmat 2017-2023, yang mana Gus Salman hanya mau maju karena diminta para Kiai Sepuh.

"Jadi saya sangat mengenal beliau, akhlaknya memang akhlak santri. Dan pemimpin seperti ini yang kita perlukan, dimana beliau (Gus Salman) ini kinerjanya selama memimpin PCNU, bukan karena nafsu dari dirinya sendiri, melainkan karena arahan dan permintaan dari para Kiai. Dan ini lah akhlak santri. Beliau diminta jadi ketua PCNU saja sebenarnya tidak mau, karena merasa belum mempunyai kapasitas, tapi setelah beliau memimpin atas permintaan para Kiai Sepuh, PCNU Jombang menjadi salah satu lembaga terbaik di Jawa Timur kan?," ujarnya.

Mantan wakil ketua PWNU Jatim ini menjelaskan bahwa Gus Salman adalah santri KH Mustain Syafii al-Hafidz dan KH A. Hadi Yusuf Masyhar di PP-MQ Tebuireng. Ia juga diasah dan diasuh oleh Alm. KH Abdul Nashir Fattah dan Alm. KH Isrofil Amar sebagai pemimpin organisasinya para ulama.

"Terhadap Kiai Sepuh lainnya di Jombang, termasuk KH Taufiqurrahman Muchit, KH Mohammad Sholeh, Gus Salman dalam pandangan saya selalu memposisikan sebagai santri yang siap nderek dan patuh arahan serta perintah Kiai. Itulah kepribadian Gus Salman yang takdhim kepada para sesepuh," tutup Gus Salam.

Topik Menarik