Stok Bahan Pokok di Jombang Pasca Lebaran Aman, Ini Hasil Pengecekan Dilokasi

Stok Bahan Pokok di Jombang Pasca Lebaran Aman, Ini Hasil Pengecekan Dilokasi

Ekonomi | mojokerto.inews.id | Selasa, 16 April 2024 - 18:11
share

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Ketersediaan stok bahan pokok beras dan minyak di wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur setelah lebaran idul fitri dipastikan aman dan harganya stabil. Hal tersebut diketahui setelah Satgas Pangan Polres setempat turun ke lapangan melakukan pengecekan dan pengawasan di pasar tradisional.

Satgas Pangan Polres Jombang melakukan pengecekan ketersediaan stok bahan pokok beras dan minyak di wilayah setempat pada H+5 lebaran atau 15 April 2024. Pemeriksaan berlangsung di pasar pon, Kelihatan Kaliwungu, Kecamatan Jombang.

Pengecekan dengan cara langsung mendatangi lapak para pedagang di pasar Pon. Mulai dari pedagang beras, pedagang telur, pedagang daging hingga pedagang gula.

Kami pastikan stok beras dan bahan pokok masih aman dan stabil, kata Kanit Tipidter Polres Jombang, Ipda Rayhan Argia dalam rilis yang diterima iNews.id, Selasa (16/4/2024).

Rayhan mengungkapkan, harga beras medium yang dijual oleh para pedagang yakni mencapai Rp13.000 hingga Rp14.000. Sedangkan beras SPHP Bulog, dijual dengan harga Rp10.900.

Kemudian beras premium yang mereka dapatkan dari distributor center dengan harga Rp14.900 per kilogram, rata-rata mereka menjualnya di harga Rp16.000 an.

Sedangkan komoditas lainnya, seperti telur ayam ras, rata-rata dijual di harga Rp26.000 per kilogram. Untuk daging ayam, dijual di harga Rp35.000 per kilogram. Kalau daging sapi, pedagang menjualnya rata-rata di harga Rp110.000 per kilogram. Sedangkan gula, di harga Rp16.500 per kilogram, imbuhnya.

Satgas pangan menegaskan, jika pasokan dan harga pangan di Kabupaten Jombang dipastikan aman, setelah lebaran Idul Fitri 2024. Kami juga melakukan pengecekan di Dinas Pangan dan beberapa peternakan di Kabupaten Jombang ini, dan dipastikan stok pangan strategis di Jombang aman, bahkan surplus, ujarnya.

Topik Menarik