Buku 75 Inspirasi Demono, Dorong Literasi Menulis Bagi Pembaca

Buku 75 Inspirasi Demono, Dorong Literasi Menulis Bagi Pembaca

Terkini | mnctrijaya | Rabu, 8 Mei 2024 - 14:16
share

JAKARTA - Bertepatan dengan Global Mothers Day yang jatuh pada tanggal 8 Mei tahun ini, Dewi Motik Pramono (Demono) juga akan memasuki usia yang ke 75 tahun pada tanggal 10 Mei 2024 nanti.

Demono, Ibu dari dua anak ini, dipersembahkan kado spesial ulang tahun berupa sebuah buku yang bertajuk 75 Inspirasi Demono & Galeri Demono oleh kedua anaknya, Moza Pramita Pramono dan Adimaz Prarezeki Pramono.

Buku 75 Inspirasi Demono yang disusun oleh seniman dan penulis Reda Gaudiamo ini merupakan sebuah buku interaktif dari hasil rangkuman jurnal seorang Dewi Motik Pramono dimana diberikan ruang kepada pembaca untuk menuliskan jurnal pribadi pada halaman buku yang tersedia.

Buku ini juga merupakan hasil pembicaraan penulis dengan Moza dan Adimaz atas kehidupan Demono yang penuh inspirasi.

Sementara Galeri Demono yang berlokasi di Jalan Surabaya No. 34 Menteng Jakarta Pusat ini menjadi ruang penuh cerita yang memamerkan sejumlah koleksi pribadi Demono berupa tulisan, foto, lukisan dan koleksi wastra sejak debut pertamanya baik dalam dunia seni, karir dan kewirausahaan hingga kini. Sosok Demono sebagai tokoh Perempuan ternama di Indonesia yang dikenal umum adalah sebagai pengusaha dan pendiri berbagai organisasi. Namun lebih dari itu beliau adalah seorang seniman: pelukis dan penulis puisi, Peraih Juara Harapan 1 None Jakarta 1966, pemenang Top Model 1974, pendiri dan ketua umum IWAPI lalu ketua Kowani dan saat ini masih menjadi dosen senior aktif di Universitas Trisakti & Universitas Esa Unggul.

Melalui buku 75 inspirasi Demono diharapkan dapat berbagi kisah dan pengalaman hidup mengingat begitu beragam perjalanan beliau yang sarat dengan kisah menarik dan inspiratif. Buku setebal 184 halaman ini ditulis dengan gaya perspektif anak terhadap seorang ibu.

Moza Pramita Pramono, putri sulung Demono mengaku isi buku ini merupakan kumpulan cerita dari jurnal dan agenda pribadi Demono yang secara rutin beliau telah menulis sejak usia 12 tahun.

Penulis dan pencipta lagu, Dee Lestari turut memberikan testimoni positif dengan hadirnya buku 75 Inspirasi Demono, Sebuah buku yang sarat dengan butir-butir kebijaksanaan praktis serta teruji, bukan sekadar teori, lahir dari seseorang yang telah mengalami perjalanan panjang. Dilengkapi dengan fitur interaktif berupa halaman-halaman jurnal yang bisa diisi oleh pembaca, buku Ibu Dewi Motik ini tak hanya menginspirasi, tetapi juga mengajak kita berkontemplasi.

Buku 75 Inspirasi Demono ini juga diharapkan dapat mendorong literasi menulis pembaca dalam menuangkan rasa, gagasan, pikiran dan kenangan dalam bahasa tulisan sehingga terdokumentasi dengan baik, karena itulah, buku ini tersedia halaman khusus bagi pembaca untuk mengisi dengan tulisannya masing masing sesuai dengan inspirasi Demono.

Banyak hal menarik dalam buku ini yang pantas dijadikan sebagai nilai positif dalam mengarungi kehidupan sehari hari, diantaranya tentang bagaimana Demono berperilaku dalam kehidupan diantaranya untuk tidak jahat,

Jangan sekali sekali menjahati orang lain, Tuhan tidak pernah tidur pada halaman ini pembaca diminta untuk menuliskan doa untuk dia yang membuat hatimu luka, ini merupakan suatu nilai positif untuk kita agar selalu berhusnudzon dan mengirimkan doa kepada orang yang pernah menyakiti kita.

Sementara pada topik lain seperti pernikahan, Demono mengingatkan kita bahwa pernikahan adalah proses segala yang tidak cocok itu menjadi cocok. Karena dengan menikah adalah membuat yang tidak sempurna menjadi sempurna.

Buku ini memberi ruang bagi pembaca untuk berbagi tentang pasangan, apa saja perbedaan dan persamaan ketika menjadi pasangan, dan tentu anda dapat mengisi hal teromantis yang mungkin sulit untuk diucapkan, apa yang membuat anda jatuh cinta pada pasangan anda? Silahkan mencurahkan rasa, pikiran dan kenangan dalam tulisan.

Topik Menarik