Lestarikan Lingkungan, Untar Lakukan  Penanaman Mangrove Bersama Masyarakat

Lestarikan Lingkungan, Untar Lakukan  Penanaman Mangrove Bersama Masyarakat

Terkini | mnctrijaya | Senin, 6 Mei 2024 - 05:25
share

Tangerang - Untar berkolaborasi dengan Seasoldier Foundation menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon mangrove dan pembersihan pantai, Selasa (30/4) di Pantai Tanjung Pasir, Teluknaga, Tangerang.

Kegiatan yang diikuti dosen, mahasiswa, dan karyawan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-65 Untar serta mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Sebanyak 650 bibit mangrove telah ditanam dan dilakukan pula pembersihan sampah di Pantai Tanjung Pasir.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. mengatakan acara ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM), serta bentuk kontribusi Untar terhadap SDG ke-14 (Kehidupan di Laut) dan ke-15 (Kehidupan di Darat).

“Untar senantiasa mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan atau SDGs yang selalu digaungkan dengan berbagai aktivitas, salah satunya penanaman mangrove dan pembersihan sampah di pantai pada hari ini,” ungkapnya.

Ia berharap kontribusi Untar dalam kegiatan ini mampu menginspirasi dan mengedukasi masyarakat dalam melestarikan lingkungan.

“Semoga kehadiran Untar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, serta mendorong masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar,” pungkasnya.

Ketua Seasoldier Dinni Septianingrum, S.E., M.Si. mengucapkan apresiasi atas kontribusi Untar dalam melestarikan lingkungan. Ia berharap Untar maupun perguruan tinggi lainnya dapat rutin melaksanakan kegiatan serupa demi bumi yang lebih baik.

"Jangan berhenti di sini, mari kita terus bergerak untuk melestarikan bumi kita," tutupnya.

Sementara itu, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Untar Yehezkiel Imanuel, yang hadir sebagai perwakilan mahasiswa, mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Ia berharap kegiatan yang dilakukan di hari ini dapat bermanfaat bagi kehidupan alam dan manusia.

"Tanaman mangrove dapat membantu mengurangi banjir dan abrasi, sehingga selain bermanfaat untuk ekosistem, dapat bermanfaat juga bagi orang-orang yang tinggal di sekitar pantai," ungkap Yehezkiel yang juga penggiat alam ini.

Seasoldier Foundation merupakan organisasi independen yang berfokus pada konservasi lingkungan. Didirikan Nadine Chandrawinata dan Dinni Septianingrum pada tahun 2015, organisasi ini menggunakan media sosial dan aksi nyata untuk mendorong masyarakat agar lebih peduli lingkungan.

Topik Menarik