Dedi Iskandar Batubara Apresiasi Kreativitas Rutan Kelas I Medan, Borong Peci Karya Warga Binaan

Dedi Iskandar Batubara Apresiasi Kreativitas Rutan Kelas I Medan, Borong Peci Karya Warga Binaan

Terkini | medan.inews.id | Sabtu, 4 Mei 2024 - 08:50
share

MEDAN, iNewsMedan.id- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sumatera Utara, Dr. H. Dedi Iskandar Batubara, S.Sos., S.H., M.S.P melakukan kunjungan ke Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Medan dalam rangka Silaturahmi dan Halal bi Halal bersama warga binaan sekaligus meninjau produk-produk hasil bimbingan kerja (Bimker) warga binaan Rutan Kelas I Medan, pada Jumat (03/05) pagi.

Dalam kunjungannya, sosok yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Al Washliyah Sumut itu menyampaikan apresiasinya atas kreativitas warga binaan yang dengan giat belajar dan berkarya dalam menghasilkan produk-produk kerajinan yang berkualitas.

"Saya mengapresiasi Karutan Nimrot Sihotang yang sangat kreatif dan selalu memikirkan hal hal positif lainnya dalam membina warga binaan," ucapnya.

Hasil kerajinan warga binaan ini, lanjut Dedi, juga pernah dipamerkan di acara HUT Al Washliyah, kemudian pihak Rutan juga turut membentuk Koperasi Warga Binaan Permasyarakatan untuk modal kerja yang ada di Rutan kelas I Medan yang tidak hanya memfasilitasi pelatihan dan produksi, tetapi juga memberikan bantuan modal usaha.

"Luar biasa Karutan kita ini bisa membentuk koperasi untuk Warga Binaan, yang memikirkan warga binaannya, bisa-bisa ini yang pertama di Indonesia," jelasnya.

Melalui acara ini, sosok yang sudah tiga periode menjabat sebagai anggota DPD RI asal Sumut ini memiliki keinginan untuk membawa anggota DPD RI asal Sumut lainnya untuk ikut berkunjung kembali ke Rutan Kelas I Medan untuk mendengarkan langsung aspirasi warga binaan.

"Sudah bisa dapet rekor MURI ini Rutan Klas I Medan, jangan-jangan mau tidurpun dia (Karutan) memikirkan Warga Binaan agar bisa memiliki keterampilan dan penghasilan sebelum dan sesudah bebas nanti," jelas Dedi yang disambut tepuk tangan hadirin yang berada di Aula Rutan.

Kepala Rutan (Karutan) Klas I Medan, Nimrot Sihotang dalam sambutannya merasa terhormat sekali atas kehadiran Dedi Iskandar Batubara di Rutan Klas 1 Medan. Kunjungan ini adalah yang pertama kalinya dilaksanakan di Rutan Klas I Medan.

"Terima kasih kehadiran Abang Dedi, saya sebagai adik dari sisi usia sangat apresiasi kehadirannya di Rutan Kelas I Medan dimana kami sangat membutuhkan lahan untuk perbaikan sarana dan prasarana dan juga saya sampaikan untuk anggaran kami membentuk koperasi karyawan dan Warga Binaan Permasyarakatan agar memiliki modal kerja," jelas Nimrot Sihotang dalam sambutannya.

Dihadiri oleh puluhan warga binaan dan jajarannya, Nimrot menekankan bahwa dibentuknya Bimker dan Koperasi WBP ini adalah bagian dari upaya Rutan Kelas I Medan untuk menyiapkan warga binaan agak siap berkontribusi ketika sudah bebas dan terjun di masyarakat. Nimrot berharap, apa yang menjadi aspirasi dari warga binaan bisa diteruskan sebagai bahan DPD RI di pemerintah pusat.

Selain bersilaturahmi, Dedi Iskandar Batubara juga menyempatkan diri berinteraksi langsung dengan warga binaan dan melihat proses pembuatan produk warga binaan yang dibina oleh program Bimker. Tokoh Al Washliyah ini juga langsung membeli beberapa produk, salah satunya yaitu peci bermotif gorga.

Pada kesempatan ini, Dedi juga berencana akan menjalin kerjasama dalam bentuk MoU antara Al Washliyah dan Rutan Kelas I Medan agar produk UMKM ini bisa dipasarkan ke masyarakat.

Topik Menarik