Arya Sinulingga Harapkan Pemda di Sumut Perhatikan Olahraga Sepak Bola

Arya Sinulingga Harapkan Pemda di Sumut Perhatikan Olahraga Sepak Bola

Olahraga | medan.inews.id | Senin, 29 April 2024 - 11:00
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Kemenangan tim Sepak Bola Indonesia dalam turnamen Piala Asia U-23 telah menunjukkan kekuatan dan potensi olahraga sepak bola sebagai hiburan rakyat. Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Asprov PSSI Sumatera Utara (Sumut), Arya Sinulingga menyampaikan harapannya kepada pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Utara untuk lebih memperhatikan olahraga rakyat ini.

"Kemenangan Timnas U-23 hingga sampai semi final menunjukkan bahwa sepakbola adalah olah raga dan hiburan rakyat. Saya sebagai Asprov Sumut berharap pemerintah-pemerintah Kabupaten kota di Sumut, mau lebih memperhatikan olah raga rakyat ini," kata Arya, Senin (29/4/2024). 

Arya Sinulingga mengungkapkan keinginannya agar para bupati dan wali kota di Sumatera Utara dapat kembali memperhatikan dan memperbaiki stadion yang ada. Ia menyebutkan contoh stadion di Siantar yang sudah terbengkalai bertahun-tahun dan berharap dapat dibangun kembali. 

"Selain itu, saya juga berharap kabupaten Pakpak Bharat yang masih belum memiliki stadion, mengalokasikan anggaran untuk membangun stadion," harapnya.

Lebih lanjut, Arya Sinulingga menjelaskan bahwa Sumatera Utara, sebagai provinsi terbesar di luar Jawa dalam hal jumlah penduduk, saat ini menghadapi minimnya pemain sepak bola dari daerah tersebut yang berprestasi di tingkat nasional. 

 

"Untuk mengatasi hal ini, saya mengusulkan kepada bupati dan wali kota agar mendorong adanya satu pelatih sepak bola untuk setiap SD dan SMP, sementara gubernur diharapkan dapat mendukung adanya satu pelatih sepak bola untuk setiap SMA," ungkap Arya.

Arya Sinulingga mencontohkan negara Jepang yang telah melaksanakan program tersebut bertahun-tahun yang lalu, sehingga Jepang tetap memiliki banyak pemain sepak bola berbakat dan saat ini menjadi pemimpin di dunia sepak bola Asia.

"Dengan semangat kemenangan (Timnas U-23) ini, saya berharap agar semua pihak dapat lebih memperhatikan dan mendukung perkembangan sepak bola, terutama dalam upaya menjauhkan generasi muda dari penyalahgunaan narkoba dan hal-hal negatif lainnya," tegasnya.

Perhatian dari pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat memberikan dorongan yang positif dalam pengembangan sepak bola di Sumatera Utara dan mendukung lahirnya pemain-pemain sepak bola berbakat dari daerah tersebut.
 

Topik Menarik