Netizen Heboh, Lafal Azan di Dubai Berubah, Ini Penyebabnya

Netizen Heboh, Lafal Azan di Dubai Berubah, Ini Penyebabnya

Nasional | medan.inews.id | Jum'at, 19 April 2024 - 10:20
share

DUBAI, iNewsMedan.id - Saat badai dahsyat menerjang Dubai dan wilayah lain di Uni Emirat Arab (UEA) pada Selasa (16/4/2024) malam, perubahan lafal azan di wilayah tersebut berubah. Bagian "Hayya 'alal falaah" diubah menjadi "Shollu di rihalikum" atau salatlah di rumah-rumah kalian, hak tersebut membuat netizen heboh.

Perubahan lafal azan ini tidak dilakukan oleh muazin, namun merupakan seruan dari otoritas setempat agar jemaah melaksanakan salat di rumah.

Dikutip dari Khaleez Times, Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf (Awqaf) UEA mengimbau umat Islam untuk tidak melaksanakan salat di masjid dan masjid-masjid di seluruh UEA menyisipkan pesan dalam azan agar Muslim melaksanakan salat di rumah.

Video yang menjadi viral di media sosial menunjukkan azan Isya pada Selasa di beberapa masjid di Sharjah. Warga di Dubai juga melaporkan perubahan lafal azan. Beberapa orang yang tetap ingin mendatangi masjid di lingkungan masing-masing mendapati masjid-masjid tersebut ditutup.

Perubahan lafal azan ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Saat pandemi Covid-19, muazin juga mengubah lafal azan yang meminta jemaah melaksanakan salat di rumah.

Selain perubahan azan, Dubai dan wilayah UEA lainnya juga diterjang badai terparah dalam 75 tahun terakhir pada Selasa dan Rabu lalu. Badai ini menyebabkan banjir besar yang melumpuhkan aktivitas di kota tersebut. Bandara Internasional Dubai, yang merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia, terpaksa menghentikan aktivitas penerbangan karena landasan pacunya tergenang air. Hujan lebat juga menyebabkan jalan-jalan dan mal terendam banjir. Akibatnya, semua sekolah dan kantor pemerintah menerapkan pembelajaran dan kerja jarak jauh.

Perubahan lafal azan ini hanya salah satu perubahan dalam kehidupan sehari-hari yang harus dihadapi oleh penduduk Dubai dan UEA karena dampak buruk badai ini. Semoga mereka dapat segera pulih dan bangkit dari bencana ini.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Viral Lafal Azan di Dubai Berubah saat Badai Dahsyat, Ternyata Bukan Pertama Kali

Topik Menarik