Besok, Menteri AHY Dikabarkan Kunjungi Bolsel Cek Lokasi Pengungsi Gunung Ruang

Besok, Menteri AHY Dikabarkan Kunjungi Bolsel Cek Lokasi Pengungsi Gunung Ruang

Terkini | manado.inews.id | Sabtu, 4 Mei 2024 - 20:41
share

BOLSEL, iNewsManado.com – Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dikabarkan akan mengunjungi Desa Modisi, Kecamatan Pinolosian Timur, Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Minggu (5/5/2024) besok.

Kunjungan AHY disebut untuk mengecek lokasi tempat tinggal baru warga terdampak Gunung Ruang yang disiapkan pemerintah seluas 10 hektare.

“Informasi telah kami terima. Jadi semua persiapan telah dilakukan untuk kedatangan Menteri AHY,” ungkap Camat Pinolosian Timur Junaidi Paputungan SE lewat Sekcam Wissie Jacobus S.sos, Sabtu (4/5/2024).

Dia mengatakan pembersihan lokasi penempatan 301 KK yang terdampak gunung ruang telah dilakukan dengan disaksikan tim dari Pemprov Sulut.

“Kami bersama beberapa tim dari Provinsi telah meninjau langsung lokasi penempatan warga terdampak gunung ruang. Jadi ada sekira 10 hektare lahan yang disiapkan,” ujarnya, Sabtu (4/5/2025).

“Jadi mereka (warga terdampak gunung ruang) akan pindah di sini (Bolsel). Mereka bukan lagi sebagai pengungsi,” ungkap dia.

Menurut dia, segala keperluan untuk kedatangan warga terdampak gunung ruang terus disiapkan.

“Sesuai perintah bupati, jadi kami mengecek dan menyiapkan hal-hal terkait kedatangan para warga yang terdampak,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat turun di sekitar lokasi Gunung Ruang, Jumat (3/5/2024), mengatakan warga yang terdampak di Pulau Gunung Ruang akan dipindahkan.

“Jadi ada sekira 301 kepala keluarga yang akan dipindahkan keluar dari tempat ini. Lahan di sini (Pulau Gunung Ruang) tidak memadai, sehingga mereka harus dipindahkan di tempat baru. Itu juga sudah sesuai imbauan BMKG dan saya juga akan menyurat ke kementerian terkait,” ujarnya.

 

Topik Menarik