Suhu Udara Makin Panas pada Siang Hari, Dianjurkan Pakai Pelembab Tabir Surya

Suhu Udara Makin Panas pada Siang Hari, Dianjurkan Pakai Pelembab Tabir Surya

Terkini | manado.inews.id | Kamis, 2 Mei 2024 - 11:11
share

MANADO, iNewsManado.com – Suhu udara di Indonesia pada siang hari makin panas. Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu sebagian besar wilayah Indonesia cukup meningkat sebesar lima derajat di atas suhu rata-rata maksimum harian, dan sudah bertahan sekitar lebih dari lima hari. 

BMKG merekomendasikan untuk meminimalkan waktu di bawah paparan matahari antara pukul 10.00 WIB – 16.00 WIB dan direkomendasikan mengoleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30 + setiap dua jam untuk melindungi kulit.

Pada Minggu (28/4/2024), Filipina mengumumkan penangguhan kelas tatap muka di semua sekolah negeri selama dua hari setelah hari panas yang memecahkan rekor. Badan Meteorologi Filipina memperingatkan indeks panas telah mencapai 45 derajat celsius, dikategorikan sebagai ”berbahaya”, dan berpotensi menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan panas seperti serangan panas.

Kepala Pusat Meteorologi Publik Andri Ramdhani menerangkan bahwa pada bulan April 2024 merupakan periode peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau di sebagian besar wilayah di Indonesia, sehingga masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dini terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, dan fenomena hujan es.

“Salah satu ciri masa peralihan musim adalah pola hujan yang biasa terjadi pada sore hingga menjelang malam hari dengan didahului oleh adanya udara hangat dan terik pada pagi hingga siang hari,” ujarnya dalam pernyataan di BMKG.go.id pada Kamis (2/5/2024).

"Pantau terus informasi peringatan dini cuaca melalui aplikasi infoBMKG untuk mendapatkan informasi yang lebih detail," tambah Andri.

 

Topik Menarik