Gunung Ruang Erupsi Statusnya Awas, Pemerintah akan Evakuasi 11.615 Warga ke Manado

Gunung Ruang Erupsi Statusnya Awas, Pemerintah akan Evakuasi 11.615 Warga ke Manado

Terkini | manado.inews.id | Kamis, 18 April 2024 - 09:21
share

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 11.615 penduduk Pulau Tagulandang akan dipindahkan ke daerah lain, termasuk Manado. Gunung Ruang telah mencapai status siaga atau level IV setelah meletus.

"Rencananya, mereka akan dievakuasi ke Timur Pulau Tagulandang, pulau-pulau di sekitarnya, atau ke Pulau Utama di Kota Manado," kata Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pada Kamis (18/4/2024).

Abdul menjelaskan bahwa keputusan akan bergantung pada situasi di lapangan, karena proses evakuasi akan dilakukan melalui jalur laut.

"Kami akan menilai efektivitas evakuasi yang nantinya harus melalui laut untuk mencapai Tagulandang," ujarnya.

"Dari Manado, perjalanan ke Tagulandang harus melalui laut, dan waktu tempuhnya sekitar lima jam dengan menggunakan kapal cepat," tambahnya.

Abdul juga menyatakan bahwa TNI AL akan menugaskan satu unit KRI untuk membantu proses evakuasi penduduk Pulau Tagulandang.

"Jadi, selain KRI, saat ini ada juga kapal feri yang digunakan untuk mengangkut penduduk dari Gunung Ruang ke Tagulandang, meskipun hanya ada dua unit. Selain itu, ada satu unit kapal Basarnas yang sudah beroperasi sejak pagi tadi. Jadi, setidaknya ada empat kapal yang siap mendukung proses evakuasi," katanya.

Topik Menarik