Dua Kelompok TKI Tawuran di Korea Selatan, Satu Orang Tewas Ditusuk

Dua Kelompok TKI Tawuran di Korea Selatan, Satu Orang Tewas Ditusuk

Berita Utama | kutai.inews.id | Selasa, 30 April 2024 - 21:45
share

JAKARTA, iNewsKutai.id - Dua kelompok tenaga kerja Indonesia (TKI) terlibat tawuran di Korea Selatan. Insiden memalukan itu mengakibatkan satu orang tewas ditusuk senjata tajam.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha menjelaskan, perkelahian sesama kelompok WNI itu terjadi di Dalseo-gu, kota Daegu, pada 28 April 2024.

Selain mengakibatkan satu orang tewas, empat WNI lainnya juga mengalami luka-luka dalam bentrokan tersebut. "Kepolisian setelah telah menahan 1 WNI yang diduga melakukan penusukan," ujar Judha dalam keterangannya, Selasa (30/4/2024).

Menurut Judha, KBRI Seoul telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat, tokoh masyarakat/perkumpulan WNI, dan Forum Komunikasi Organisasi-organisasi Massa (Fokomasi) untuk menenangkan situasi dan membantu investigasi.

Namun, belum diketahui pasti pemicu bentrokan maut tersebut. Penyelidikan masih terus dilakukan oleh pihak kepolisian setempat. Judha pun mengimbau agar WNI yang terlibat segera menghentikan perselisihan.

Mereka diminta menciptakan suasana tenang dan kondusif di negara yang ditinggalinya saat ini.

"Kemlu dan KBRI Seoul mengimbau para WNI di Korsel terutama kelompok yang terlibat untuk menghentikan perselisihan dan menciptakan suasana tenang dan kondusif," tuturnya.

artikel ini telah tayang di inews.id

Topik Menarik