KPU Kuningan Tetapkan 50 Anggota DPRD Terpilih di Pileg 2024, Kursi PDIP Tertinggi

KPU Kuningan Tetapkan 50 Anggota DPRD Terpilih di Pileg 2024, Kursi PDIP Tertinggi

Terkini | kuningan.inews.id | Kamis, 2 Mei 2024 - 21:39
share

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan, Jabar, telah menetapkan 50 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuningan yang terpilih pada Pileg 2024.

Pengumuman resmi tersebut disampaikan Ketua KPU Kuningan, Asep Budi Hartono dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik Peserta Pemilu dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kuningan, yang berlangsung di Grand Cordela Hotel Kuningan pada Kamis (2/4).

Rapat tersebut menetapkan 9 partai politik yang berhasil memperoleh kursi di DPRD Kuningan, yang terbagi dalam 5 daerah pemilihan. Adapun perincian kursi tertinggi diperoleh PDIP sebanyak 9 kursi, diikuti oleh PKB sebanyak 8 kursi, PKS dan Golkar masing-masing sebanyak 7 kursi, dan Gerindra sebanyak 6 kursi. Sementara PPP mendapat 4 kursi, sedangkan Partai Demokrat, PAN, dan NasDem masing-masing mendapat 3 kursi.

Setelah ditandatangani oleh pihak terkait, berita acara tersebut diserahkan kepada Bawaslu dan partai politik peserta Pemilihan Umum tahun 2024.

"Aktivitas ini kami laksanakan sesuai dengan surat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI nomor 663/PL.01.9-SD/05/2024 tentang Penetapan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota," ungkap Ketua KPU Kuningan Asep Budi Hartono.

Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada tanggal 29 April 2024 menetapkan, bahwa penetapan calon anggota legislatif oleh KPU kabupaten/kota di seluruh Indonesia harus dilakukan paling lambat tiga hari setelah keputusan tersebut, tanpa adanya Perselisihan Pemilihan Umum (PHPU) di MK.

"Dengan bantuan teman-teman media yang menginformasikan proses tahapan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2024 di Kabupaten Kuningan, prosesnya berjalan lancar, baik pada hari pemilu maupun setelahnya," imbuhnya.

Dia menegaskan, keberhasilan Pemilu 2024 di Kabupaten Kuningan ditandai dengan suasana yang damai, peningkatan partisipasi pemilih hingga mencapai 76 persen, dan tidak adanya kasus Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

"Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih kepada teman-teman media yang telah mendukung suksesnya Pemilu Serentak 2024, tutupnya. (*)

Topik Menarik