Ini Penyebab Sebelum 40 Tahun sudah Mengidap Penyakit Jantung

Ini Penyebab Sebelum 40 Tahun sudah Mengidap Penyakit Jantung

Kesehatan | jawapos | Kamis, 29 September 2022 - 17:54
share

JawaPos.com -Tren usia muda di bawah 40 tahun saat ini sudah mulai mengeluhkan gejala gangguan penyakit jantung seperti sesak, nyeri dada, dan berdebar-debar. Padahal usia tersebut adalah usia produktif.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Eva Susanti mengatakan faktor-faktor yang menyebabkan meningkatnya kejadian penyakit kardiovaskuler antara lain hipertensi, obesitas, merokok, diabetes melitus, dan kurang aktivitas fisik. Untuk mengatasi masalah penyakit jantung di Indonesia, Kemenkes melakukan penguatan pada layanan primer melalui edukasi penduduk.

Pencegahan primer, pencegahan sekunder, dan meningkatkan kapasitas serta kapabilitas layanan primer, katanya dalam pernyataan resmi Kemenkes, Kamis (29/9).

Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia dr. Radityo Prakoso, SpJP (K) mengatakan penyakit jantung tidak hanya ditemukan pada usia tua. Tren menunjukkan peningkatan usia penyakit jantung pada usia yang lebih muda.

Hal itu sebagai akibat dari peningkatan prevalensi obesitas darah tinggi merokok dan kolesterol tinggi di usia muda. Terdapat peningkatan prevalensi serangan jantung pada usia kurang dari 40 tahun sebanyak 2 persen setiap tahunnya dari tahun 2000 sampai 2016, kata dr. Radityo.

Mengapa Sakit Jantung saat Masih Muda?

Salah satu penyakit jantung yang mengalami peningkatan pada usia muda adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner terjadi karena ada sumbatan pada pembuluh koroner baik akibat deposit kolesterol atau inflamasi (peradangan).

Gaya hidup tidak sehat menjadi penyebab paling umum dari penyakit jantung koroner di usia muda. Masyarakat diimbau untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, berhenti merokok, berhenti makan makanan berlemak, berhenti konsumsi alkohol, dan rajin olah raga minimal 30 menit sehari. (*)