Loading...
Loading…
Penelitian Buktikan Manfaat Jintan Hitam untuk Diabetes dan Hipertensi

Penelitian Buktikan Manfaat Jintan Hitam untuk Diabetes dan Hipertensi

Kesehatan | jawapos | Senin, 07 Maret 2022 - 10:37

JawaPos.com Jintan hitam atau nama lainnya Nigella Zativa , lebih dikenal sebagai rempah masakan. Kini jintan hitam juga mulai digunakan sebagai pengobatan.

Nigella sativa adalah tanaman obat yang termasuk dalam famili Ranunculaceae . Disebut juga jintan hitam karena bijinya yang menyerupai bumbu jintan.

Jintan hitam umumnya dijual dalam bentukbubuk, biji, atau pasta, yang dapat digunakan untuk menambah rasa pada makanan. Sebagai obat, jintan hitam juga dibentuk berupa pil atau tablet.

Dilansir dari Healthline , Senin (7/3), jintan hitam kaya akan antioksidan untukmelindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Terumata disebabkan oleh molekul tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas.

Ketika radikal bebas menumpuk di tubuh, mereka dapat menyebabkan stres oksidatif , yang dapat meningkatkan risiko mengembangkan kondisi kesehatan tertentu, seperti kanker dan penyakit jantung.

Berikut adalah beberapa manfaat jintan hitam menurut penelitian. Meski begitu, konsultasikan dulu dengan dokter dan riwayat penyakit Anda.

  1. Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Peradangan yang berlangsung lebih lama disebut peradangan kronis. Kondisi itu diyakini menjadi penyebab berbagai penyakit, termasuk diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit jantung.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa Nigella Sativa dapat mengurangi penanda peradangan di tubuh setelah cedera. Hasil serupa telah dilaporkan pada perempuan dengan rheumatoid arthritis (RA), penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada persendian.

Dalam satu penelitian kecil, perempuan dengan RA yang mengonsumsi 1 gram minyak Nigella sativa per hari selama 2 bulan memilikiperadangan darah yang lebih rendah dan melaporkan lebih sedikit pembengkakan sendi dibandingkan mereka yang menggunakan plasebo . Para ahli percaya bahwa kandungan thymoquinone adalah senyawa kunci yang bertanggung jawab atas efek anti inflamasi ramuan.

  1. Perkuat Imun

Nigella sativa juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Uji tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak yang dibuat dari ramuan itu dapat merangsang aktivitas sel darah putih, jenis yang melawan infeksi dan penyakit.

  1. Dapat Melindungi Otak

Peradangan otak diyakini memainkan peran utama dalam perkembangan penyakit seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Penelitian tabung dan hewan menunjukkan bahwa thymoquinone dapat membantu mengurangi peradangan di otak.

  1. Turunkan kolesterol dan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol merupakan faktor risiko yang signifikan untuk penyakit jantung. Nigella sativa dapat membantu mengurangi keduanya. Studi pada perempuan dengan obesitas dan orang dewasa dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa mengonsumsi 23 gram Nigella sativa setiap hari selama 812 minggu dapat secara signifikan mengurangi kadar kolesterol total dan LDL (jahat).

Selain itu, ulasan melaporkan penurunan rata-rata 1623 mg/dL dalam kolesterol total, 1422 mg/dL dalam kolesterol LDL (jahat), dan 721 mg/dL dalam trigliserida. Beberapa penelitian lebih lanjut jintan hitam dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

  1. Kontrol Gula Darah

Nigella sativa juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Dalam penelitian terbaru, orang dewasa dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 1 gram jintan hitam per hari selama 8 minggu mengalami penurunan kadar gula darah puasa yang signifikan.

Selain itu, 2 ulasan menunjukkan bahwa suplementasi jintan hitam dapat menurunkan kadar gula darah puasa rata-rata 17,8 mg/dL. Ulasan yang sama juga melaporkan penurunan sekitar 0,7 persen dalam hemoglobin A1C, yang menunjukkan peningkatan kontrol gula darah.

Para ahli percaya bahwa Nigella sativa mungkin dapat meningkatkan sekresi insulin , hormon yang bertanggung jawab untuk mengangkut gula dari darah ke dalam sel-sel.

Original Source