Ketika Hujan Badai,Muadzin di Dubai Ganti Lafadz Adzan"Hayya Alash-Sholah"Jadi "Shollu Fi Rihaalikum

Ketika Hujan Badai,Muadzin di Dubai Ganti Lafadz Adzan"Hayya Alash-Sholah"Jadi "Shollu Fi Rihaalikum

Nasional | karawang.inews.id | Sabtu, 20 April 2024 - 18:01
share

JAKARTA , iNewsKarawang . id -Cuaca ekstrem melanda Kota Dubai beberapa waktu lalu hingga menyebabkan banjir di hampir seluruh jalanan, tumbangnya pohon-pohon serta merusak bangunan yang ada.

Sementara curah hujan badai sebanyak 100 milimeter (hampir 4 inci) sejak Selasa 17 April 2024 atau setara rata-rata hujan di Dubai selama satu tahun. Hal itu membuat aktivitas masyarakat menjadi terganggu, termasuk kegiatan beribadah.

Akan tetapi ada momen yang menjadi pusat perhatian warganet yang mengetahuinya. Pasalnya, viral muadzin di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), mengganti lafadz adzan "Hayya alash-sholah" menjadi "Shollu fi rihaalikum" saat terjadi hujan badai di sana. Videonya beredar viral di media sosial.

Video viral tersebut diunggah akun TikTok @faiziiraja007, memperlihatkan suasana langit Kota Dubai masih dipenuhi kilat dan angin kencang. Sayup terdengar suara adzan yang berbeda dari biasanya.

Diketahui muadzin mengubah lafadz "Hayya alal shola" menjadi "Shollu fii rihaalikum" yang artinya "Sholatlah di rumah kalian".

Hal ini memang dibolehkan berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berikut ini:

. - - .

Dari Nafi', dari Ibnu Umar bahwasanya dia pernah beradzan untuk sholat di malam yang dingin, berangin kencang dan hujan, kemudian dia mengatakan di akhir adzan, "Alaa shollu fi rihaalikum, alaa shollu fir rihaal" (Hendaklah sholat di rumah kalian, hendaklah sholat di rumah kalian). Kemudian beliau mengatakan, "Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam biasa menyuruh muadzin, apabila cuaca malam dingin dan berhujan ketika beliau bersafar (perjalanan jauh) agar mengumandangkan, "Alaa shollu fi rihaalikum" (Hendaklah sholat di kendaraan kalian masing-masing)." (HR Muslim nomor 697).

Video viral ini pun mengundang respons dari warganet. Mereka bahkan memenuhi kolom komentar unggahan tersebut dengan doa-doa untuk semua orang di Dubai.

"May Allah Subhanahu wa Ta'ala protect all Muslims around the world. Aameen (Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala melindungi seluruh Muslim di dunia. Aamiin)," tulis pemilik akun akun @Sum*****.

"No change, noticing people to pray at home, its sunnah (Tidak mengubah adzan, namun mengingatkan masyarakat untuk beribadah di rumah, dan itu sunnah)," jelas @uae*****.

"Iya itu termasuk sunnah yang diajarkan Nabi," papar @explore_daik_ling*****.

"Jadi inget pas covid. Adzan tempatku juga gitu," ungkap @nopan_clo*****.

Wallahu a'lam bisshawab.

Topik Menarik